Scroll ke Atas
Berita Utama

Ribuan Guru dan Karyawan Sekolah Muhammadiyah Banyumas Hadiri Kegiatan Silaturahmi di Ponpes Modern Zam-Zam Cilongok

30
×

Ribuan Guru dan Karyawan Sekolah Muhammadiyah Banyumas Hadiri Kegiatan Silaturahmi di Ponpes Modern Zam-Zam Cilongok

Sebarkan artikel ini

Photo bersama Said Matondang.

EMSATUNEWS.CO.ID, BANYUMAS – Ribuan Guru dan Karyawan Sekolah Muhammadiyah hadiri kegiatan silaturahmi yang diselenggarakan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas di Kampus 2 Asrama Putri Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok, Banyumas, Ahad, (14/5/2023).
Motivator dan Pendidik, Ahmad Said Matondang, ME. Sy. membeberkan kiat-kiat dalam mewujudkan sekolah yang penuh keberkahan di hadapan ribuan guru dan karyawan Muhammadiyah dalam kegiatan Silaturahmi yang diselenggarakan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas.
Menurut Ketua Majlis Dikdasmen PC Muhammadiyah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terwujudnya sekolah yang berkah atau sekolah yang penuh kebaikan itu sebagai keniscayaan dari wujud pecapaian keberkahan Ramadan yang telah dijalaninya oleh para pendidik dan karyawan di setiap satuan pendidikan Muhammadiyah.
Ribuan Guru dan Karyawan Sekolah Muhammadiyah Banyumas hadiri silaturahmi.

“Seharusnya, setelah Ramadhan, karena kita telah iman dan takwa, khususnya sekolah-sekolah Muhammadiyah, harus mendapatkan predikat sebagai orang orang yang bertakwa. Seharusnya dan niscaya, kita mendapatkan keberkahan dari langit dan bumi. Sedangkan keberkahan itu datang senantiasa setelah kita bekerja. Karena kita bekerja, Allah, rasul dan orang yang beriman melihat apa yang kita lakukan itu integritas kita,” urainya.
Mengutip sebuah hadis, Said menjelaskan bahwa menjadi pendidik itu sebuah profesi yang wajib disyukuri, karena telah mewujudkan salah satu sifat kerasulan. “Berbanggalah kita yang ditugaskan menjadi seorang pendidik. Karena seorang pendidik sebagaimana Rasul ditugaskan oleh Allah subhanahu wata’ala adalah sebagai seorang pendidik. Selanjutnya keberkahan Ramadan harus diwujudkan pula di lembaga pendidikan tempat kita berjuang,” paparnya.
Lantas bagaimana agar sekolah kita berkah? Mengutip kata Pak Dahlan Rais, kata Said, sekolah yang berkah adalah pertama, sekolah yang terus menerus membangun monumen. Kedua, sekolah yang berkah adalah sekolah yang mampu memanfaatkan momentum atau kesempatan yang ada, untuk terus-menerus meningkatkan kualitas kita. Ketiga, sekolah yang berkah, menurut tokoh yang lain, adalah sekolah yang terus menerus jumlah anak didiknya meningkat. Disebabkan kepercayaan costumer terus meningkat kepada kita. Karena kalau costumer meningkat kepercayaannya, maka secara otomatis RAKS kita juga meningkat.
“Tentu kita turut bangga bagaimana monumen yang telah dibangun oleh Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah dengan pencapaian sebagai sekolah terbanyak siswanya kedua di Jawa Tengah. Itu salah satu bentuk monumen yang telah diwujudkan. Sebagaimana para pendahulu kita itu selalu mendirikan monumen-monumen. Seperti Bung Karno telah membangun monumen Gelora, Monumen Nasional,” ungkap Said mencontohkan.
Wakil Ketua PDM Banyumas, KH. Drs. Agus Miftah menegaskan pentingnya sense of belonging terhadap Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah di Banyumas sebagai media dakwah dalam bidang pendidikan.
“Kepala Sekolah, Kepala Madrasah, Guru dan Karyawan di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah itu harus menjadi motor penggerak bagi persyarikatan Muhammadiyah di mana pun mereka berada,” tegas mantan Mudir Pontren Modern Zam-zam Cilongok.
Menurut Ustaz Hamidin, kegiatan silaturahmi selain disampaikan sambutan panitia, penyampaian ikrar silaturahmi dan sambutan dari PDM Banyumas oleh KH. Drs. Agus Miftah juga ditampilkan berbagai aksi kesenian berupa Paduan Suara dari Mahadia MIM Ajibarang, Tarian dari MIM Karanglo, SD Aisyiyah Cilongok, hadroh SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto, Acapela dan Tapak Suci dari santri PPM Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok. (Tarqum Aziz).

Baca Juga :  Kodim 0713 Brebes Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintah