Scroll ke Atas
Berita Utama

Festival Pasar Kuliner Bumiayu Resmi Dibuka, Setelah Sebelumya Sempat Diberhentikan.

155
×

Festival Pasar Kuliner Bumiayu Resmi Dibuka, Setelah Sebelumya Sempat Diberhentikan.

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Sempat menuai polemik Pasar Kuliner Bumiayu, Brebes resmi dibuka. Acara pembukaan dilakukan oleh Camat Bumiayu pada Jum’at, 12 Mei 2023.
Pembukaan Pasar Kuliner yang bertempat di Lahan Eks Pasar Kalierang Bumiayu dilakukan setelah terbitnya surat ijin tempat dari Sekertariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Tengah pertanggal (10/5/2023).
Walau sempat diberhentikan, akhirnya Pasar Kuliner Bumiayu telah resmi dibuka. Disambut dengan kesenian tarian dan kentongan yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Camat Bumiayu serta disaksikan Anggota DPRD Brebes H. Nur Hendro, Forkopinca, Kades Kalierang, Tomas, Para Pelaku UMKM, dan Masyarakat.
Dalam sambutan Ketua Panitia Rahmat Hidayat menyampaikan, tujuan diadakanya Festival Kuliner dan hiburan yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bumiayu pasca pandemi Covid-19.
“Kepada masyarakat Kalierang kami memohon maaf bila kegiatan kami mengganggu , kegiatan yang kami adakan tidak lain bertujuan, hanya ingin agar perekonomian masyarakat Bumiayu khususnya Kalierang bangkit dari keterpurukan setelah pandemi Covid-19,” tuturnya.
Sementara itu, Camat Bumiayu Cecep Aji Suganda mengatakan, dirinya hadir di Festival Pasar Kuliner untuk keduakalinya. Setelah sebelumya Ia memberhentikan sementara kegiatan tersebut, dikarenakan belum keluarnya ijin prosedur dari gubernur.
“Dengan terbitnya surat ijin dari Gubernur saya nyatakan Festival Pasar Kuliner Bumiayu resmi dibuka,” ucapnya.
Cecep juga menegaskan bahwa baik dari pemerintah kecamatan, kabupaten, maupun gubernur, tidak melarang dengan adanya kegitan tersebut. Bahkan menurutnya, akan selalu mensuport kegiatan-kegiatan UMKM seperti itu karena dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.
“Pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Bumiayu hampir dikisaran 5℅ dalam kurun satu tahun pasca pandemi covid”19, ini pertumbuhan yang baik terutama di sektor usaha dan perdagangan. Semoga perekonomian masyarakat Bumiayu bisa pulih seperti sediakala,” ungkapnya.
Terkait pelaksanaan kegiatan Pasar Kuliner Cecep juga menyampaikan pesan dari kabupaten kepada panitia agar dapat menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan bagi para pengunjung, seta menjaga kebersihan hingga acara selesai.
“Apa yang menjadi pesan-pesan dari kabupaten untuk bisa dilaksanakan, semoga acara berjalan dengan sukses,” Pungkasnya.
Hal senada disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Imam Santoso, dirinya mengapresiasi kegiatan yang diadakan Karang Taruna Kalierang serta mengapresiasi pemerintah baik kecamatan maupun daerah yang telah mempasilitasi kegiatan tersebut. Segala hal-hal yang sebelumnya ada yang kurang baik dirinya meminta maaf dan berharap untuk bisa saling memaafkan.
“Demi kebesaran nama Kalierang dan kepercayaan dari pemerintah mari kita kerja bareng-bareng dengan menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan bisa berjalan sukses serta ekonomi masyarakat bisa pulih dan lebih baik lagi,” harap Imam. (Yayan E).

Baca Juga :  Tebar Kebaikan Berbagi Berkah, Danrem 174/ATW Merauke Bagikan Takjil Kepada Masyarakat