Scroll ke Atas
Pendidikan

Kualitas MAN 2 Brebes Walau di Daerah Semakin Bagus

76
×

Kualitas MAN 2 Brebes Walau di Daerah Semakin Bagus

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 2 Brebes telah berhasil diterima di Perguruan Tinggi (PTN) Tanpa Tes melalui jalur undangan.
Hal itu disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri( MAN )2 Brebes Drs. H. Luthfil Hakim, M.Pd belum lama ini saat menyerahkan penghargaan dalam acara wisuda dan pelepasan peserta didik di gedung Madrasah Aliyah Negeri MAN 2 Brebes jalan jenderal Soedirman jalan raya Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.
MAN 2 Brebes terus mengukir prestasi dari tahun ke tahun alumninya mampu menunjukan prestasi menembus perguruan tinggi negeri (PTN) dan melalui jalur prestasi.
“Kami bersyukur dengan pencapaian peserta didik kelas 12 yang tahun ini berjumlah 355 siswa, ada 151 siswa yang berhasil masuk di PTN,” kata kepala MAN 2 Brebes,kata Luthfi saat sambutan di acara pelepasan siswa.
Hal tersebut disampaikan Kepala MAN 2 Brebes Luthfi Hakim disela Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Tahun Ajaran2022 /2023
“Alhamdulillah, pada tahun ini dari jumlah siswa kelas XII sebanyak 355 siswa, 151 siswa diantaranya sudah diterima di PTN,” tuturnya.
Keberhasilan para siswa masuk ke PTN tidak diraih secara instan. Tetapi melalui proses yang disiapkan sekolah. Salah satunya, program bimbingan kepada siswa potensial sejak kelas.
Tidak kalah penting adalah peran orang tua siswa dan komite sekolah. Mereka selalu mendukung kegiatan sekolah yang berorientasi pada peningkatan mutu sekolah,” ujarnya.
Acara wisuda dan pelepasan siswa diramaikan serangkaian pertunjukkan seni dan budaya. Dalam acara yang dihadiri orang tua murid tersebut, juga disampaikan penghargaan kepada sembilan wisudawan terbaik.
Didalam rangkaian acara sebelumnya Campus Expo 2023 memfasilitasi siswa-siswi kelas XII MAN 2 Brebes dalam mendapatkan sosialisasi pengenalan kampus yang diminati untuk perencanaan karir agar tidak salah pilih.
Campus Expo di MAN 2 Brebes juga merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang tahun ini diikuti 30 Perguruan tinggi negeri dan swasta di pulau Jawa. Melalui Campus Expo 2023 para siswa akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas untuk menentukan jurusan yang dituju, sehingga dapat terarah dan memiliki pengetahuan tentang dunia perkuliahan.
“Setiap tahun jumlah siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi terus meningkat bahkan sudah lebih dari 80 persen, sehingga Expo Campus ini sangat membantu,” ungkap Luhtfi
Campus Expo 2023 diisi juga dengan kegiatan seminar motivasi yang menghadirkan motivator dari bimbingan belajar dan juga para alumni MAN 2 Brebes yang telah sukses maupun yang masih duduk di perguruan tinggi.
“Melalui seminar motivasi mendorong siswa agar lebih mampu menyikapi persoalan yang sedang dihadapi dan persoalan masa depan yang dengan segala pilihan yang merek inginkan,” tutur Eti sebagai pembimbing.
Semarak dan kompak, itulah yang terlihat pada kegiatan expo campus Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes. Tak hanya siswa dan dewan guru, para alumni juga tidak kalah antusiasnya menyukseskan acara tersebut. Bahkan, para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni MAN 2 Brebes (IKAMANDUBES) yang tersebar di berbagai kampus di tanah air, baik negeri maupun swasta pun bergerak mendampingi dan menjadi garda terdepan dalam kegiatan expo campus untuk adik-adik kelasnya. 
Kepala MAN 2 Brebes, Luthfil Hakim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Career Day Bimbingan Konseling (BK) bersama alumni, untuk membantu siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,  dengan harapan mereka termotivasi  lebih kuat untuk menentukan pillihan terbaik  karena menyangkut masa depan pendidikan mereka.
“Tahun ini ada sekitar 85 % siswa kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan  ke jenjang perguruan tinggi, adanya expo mereka dapat menanyakan hal sedetail mungkin tentang kehidupan di perguruan tinggi,” kata beliau.
Calon peserta Didik Eligible Tahun 2023 MAN 2 Brebes Siap Menerima PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 . Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes Cerdas Islami, Terampil Manfaat, Daya Unggul Berakhlak Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia .Bagi peserta didik baru MAN 2 Brebes selamat datang.(Dun.)

Baca Juga :  Tingkatkan Kemampuan dan Ketrampilan Patroli PKS SMAN 01 Polsek Paguyangan Berikan Pembinaan dan Pelatihan