iklan

Iklan

iklan

terkini

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah berikan Pembekalan kepada 100 Mubaligh Muhammadiyah

20/03/2023, 09:46 WIB Last Updated 2023-03-20T06:16:08Z
Pose bersama Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustadz Fathurrahman Kamal, Lc, MSI berikan pembekalan pembekalan kepada Mubaligh Muhammadiyah Bumiayu di Aula KH. Ahmad Dahlan RSU Siti Aminah Muhammadiyah Bumiayu, Ahad (19/03/2023). 

Kiai Fathurrahman Kamal, Lc, MSI selaku pemateri menegaskan bahwa mubaligh Muhammadiyah adalah motor utama dalam gerakan dakwah, sehingga seluruh pesan dan gaya bahasa yang disampaikan olehnya harus memiliki dampak terhadap jama’ah binaannya. Oleh karenanya, seorang mubaligh dapat melakukan berbagai pendekatan dengan metode dakwah yang persuasive.

Peserta Pembekalan Mubaligh Muhammadiyah Bumiayu.

"Mubaligh juga harus mampu mengusai aspek psikologis, saintific dan menjadi garda depan dalam pemberian keteladanan sikap dan perbuatan,” ungkap Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sementara itu, Ketua PCM Bumiayu Ustadz H. Sukmono dalam sambutannya mengatakan bahwasanya kegiatan itu dilaksanakan guna membekali para mubaligh Muhammadiyah Bumiayu yang akan diterjunkan ke masjid-masjid Muhammadiyah di wilayah PCM Bumiayu Brebes selama bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan segera tiba.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Tarjih dan Tabligh PCM Bumiayu menyampaikan bahwa mubalig mempunyai peranan penting dalam keberlangsungan proses dakwah Islam. "Hal ini dikarenakan mubaligh merupakan salah satu motor penggerak untuk menyebarkan ajaran agama Islam dan mengajarkan kepada para jama’ah untuk berbuat kebaikan dan menjauhi hal-hal buruk secara kontinyu dan pembinaan yang berkesinambungan,” tegas Kiai Sutriyono, S.Ag.

Ia menegaskan seorang mubaligh sudah sepatutnya memiliki orientasi untuk mengkomunikasikan sejumlah pesan-pesan religius ke tengah jama’ah seiring zaman yang terus mengalami sebuah perubahan. Oleh karena itu, seorang mubaligh harus benar-benar menguasai materi dakwahnya sekaligus memahami jama’ah, baik dari segi sosiologis, psikologis, maupun psiologis. Sejalan dengan persoalan tersebut, maka kehadiran para mubaligh sangat mutlak diperlukan dan ditingkatkan kualitasnya. Mengingat tantangan yang semakin berat. "Semoga apa yang akan disampaikan oleh Kiai Fathurrahman Kamal, Lc, MSI yang memberikan pembekalan kepada 100 mubaligh Muhammadiyah pada ksempatan ini dapat memmberikan spirit dan membangkit semangat kita semua dalam berdakwah,” imbuh Mudir PPM MBS Bumiayu.

Kegiatan Pembekalan Mubaligh Muhammadiyah Bumiayu ini diikuti oleh 107 Mubaligh dan Mubalighot yang terdiri dari 9 orang pleno PCM, 22 Mubaligh dari PRM dan 76 Mubaligh-Mubalighot PCM dan PCA Bumiayu. "Kegiatan yang berlangsung di Aula KH. Ahmad Dahlan Rumah Sakit Umum Siti Aminah Muhammadiyah Bumiayu dimulai sejak pukul 08.00-15.00 WIB," ungkap Ustadz Indra Purwanto, M.Pd selaku Sekretaris PCM Bumiayu.*

Kontributor: Tarqum Aziz
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah berikan Pembekalan kepada 100 Mubaligh Muhammadiyah

Terkini Lainnya

Iklan