iklan

Iklan

iklan

terkini

Jelang Ramadhan, Puluhan Warga Dukuh Krajan Pagojengan Paguyangan Gelar Tradisi Bersih Makam di TPU

18/03/2023, 17:03 WIB Last Updated 2023-03-18T10:03:13Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan 1444 H/2023, seluruh masyarakat menggelar tradisi bersih-bersih makam, sebagaimana dilakukan puluhan warga Dukuh Krajan Desa Pagojengan kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes.

Tampak puluhan warga, baik orang tua maupun pemuda melaksanakan gotong-royong membersihkan makam, di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Krajan RT 05/05 desa setempat, Jum'at (17/3/2023).

Ketua RT 06/05 Dukuh Krajan Desa Pagojengan Rizal Sismoro menyampaikan, giat kerja bakti menjelang tibanya bulan suci Ramadhan ini merupakan tradisi agenda rutin tahunan yang dilakukan warga untuk bersih-bersih makam orang tua maupun kerabatnya 

"Kegiatan bersih-bersih makam menjelang ibadah puasa selama bulan Ramadhan rutin ini dilakukan setiap tahun oleh warga secara bergotong royong. Namun selama 3 tahun lalu kegiatan rutin tersebut ditiadakan karena pandemi Covid-19 dan kondisi saat ini sudah cukup landai dan aktivitas masyarakat sudah bebas, sehingga dapat digelar kembali," kata Rizal.

Sementara Kepala Desa (Kades) Pagojengan Suid Nurokhman mengapresiasikan gotong royong warganya untuk bersih-bersih makam, di TPU.

Suid menyampaikan, pihaknya turut senang dalam menjaga tradisi terutama menjelang bulan suci Ramadhan untuk gotong royong bersama membersihkan makam, dengan harapan kegiatan ini warga bisa terus mempererat jalinan silaturahminya sehingga kondisi masyarakatnya bisa tetap kondusif. 

"Kami berharap selain melakukan tradisi ini juga warga tetap untuk dapat menjaga kebersihan disekitar lingkungan TPU tersebut agar tidak terlihat angker/ ditakuti warga saat melintas dan untuk dijadikan tempat persembunyian pelaku kejahatan," pungkasnya. (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Ramadhan, Puluhan Warga Dukuh Krajan Pagojengan Paguyangan Gelar Tradisi Bersih Makam di TPU

Terkini Lainnya

Iklan