iklan

Iklan

iklan

terkini

Akan Dijadikan Ruang Terbuka Hijau, Lahan Eks Pasar Kalierang di Bersihkan

12/03/2023, 15:18 WIB Last Updated 2023-03-12T08:18:21Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Ratusan relawan membersihkan sampah yang berserakan di lahan eks Pasar Kalierang, Bumiayu, Brebes. Giat bersih-bersih dilakukan pada hari Minggu, 12 Maret 2023.

Para relawan yang ikut bersih-bersih diantaranya Relica, Mapala MPB, RAPI, Forkot, dan berbagai relawan lainya, serta para pelajar dari berbagai sekolahan.

Selain relawan dan Pelajar, aksi bersih-bersih juga diikuti oleh personil dari Polsek dan Koramil Bumiayu.


"Sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, Saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini," kata Laode.

Lahan eks Pasar Kalierang sendiri akan digunakan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan dibangun secara bertahap. Tahap pertama akan dilakukan tahun 2023 ini. Setelah berfungsi, RTH akan ditanami berbagai jenis pohon serta fasilitas publik seperti taman ramah anak.

"Nanti masyarakat bisa memanfaatkanya untuk beristirahat dan bersantai di taman ini," ujar Laode.

Relawan Relica, Elvin Kristian mengatakan, lahan eks Pasar Kalierang yang kini telah menjadi kosong mulai banyak diisi oleh sampah.
 
"Jika ini dibiarkan, maka akan memotivasi warga lainya untuk membuang sampah di sana," katanya.

Lanjutnya Elvin, sehingga, apabila dibiarkan lama-kelamaan tempat tersebut akan menjadi TPA liar, dan pada akhirnya akan mengganggu semua masyarakat.

Ia juga mengatakan, persoalan sampah merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya pemerintah, akan tetapi juga masyarakat itu sendiri.

Kepala UPT Persampahan Wilayah Bumiayu Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Abdullah Sudrajat mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah di eks Pasar Kalierang dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

Pemilihan eks Pasar Kalierang karena tempat tersebut sekarang menjadi tempat terbuka tanpa pengamanan. Seiring dengan waktu, tidak sedikit sampah bermunculan.

"Kalau tetap dibiarkan, maka akan terorganisir dan seolah menjadi TPA," tegas Sudrajat.(yayan)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akan Dijadikan Ruang Terbuka Hijau, Lahan Eks Pasar Kalierang di Bersihkan

Terkini Lainnya

Iklan