Scroll ke Atas
Berita Utama

Pemkab Solok Sumbar Belajar Pertanian Bawang Merah di Kabupaten Brebes

47
×

Pemkab Solok Sumbar Belajar Pertanian Bawang Merah di Kabupaten Brebes

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Provinsi Sumatra Barat belajar ke kabupaten Brebes untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas kemampuan penyuluh dan petani di daerahnya. Khususnya, untuk mencapai produksi dan produktivitas mutu produk pertanian hortikultura (bawang merah) yang berdaya saing. 
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kab Solok drh Kenedy Hamzah MSi saat menyampaikan maksud dan tujuan studi tiru di Aula KPT Brebes, (27/2/2023).
Belajar ke daerah lain, 
Lanjutnya, belajar ke daerah lain sangat dibutuhkan agar tumbuh inovasi teknologi yang dapat diterapkan di Solok. Juga untuk mendukung pembangunan kawasan sentra produksi bawang merah di Kabupaten Solok. Ujarnya 
Sementara kunjungan mereka diterima Asisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab Brebes Agus As’Ari BAE ST MT. 
Agus, mengatakan kunjungan ke daerah lain merupakan bentuk kerjasama yang sangat penting. Untuk itu, Pemkab Brebes dengan senang hati membuka pintu dan memberikan dukungan penuh untuk kemajuan pertanian di kedua belah pihak.
Lanjut Agus, bawang merah merupakan komoditas penting dalam mendukung ketahanan pangan nasional. 
“Komoditas ini merupakan salah satu komoditas pangan yang tidak dapat digantikan manfaatnya oleh komoditas lainnya dan berpengaruh besar bagi perekonomian nasional karena berperan dalam menyumbang Inflasi nasional,” tuturnya.
Agus menerangkan berdasarkan data dari BPS , salah satu sentra produksi terbesar di Indonesia dengan share produk nasional terbesar adalah kabupaten Brebes dengan produksi sebesar 341.056 ton pada tahun 2021.Nilai ini memiliki kontribusi 60 % terhadap share produksi bawang merah Jawa tengah (564.255 ton) atau 17 % terhadap produksi nasional yang mencapai lebih dari 2 juta ton.
Adapun data komoditas Bawang Merah di Kabupaten Brebes pada tahun 2022 luas panen 32.571 Ha, produksi 384.448 ton dengan produktivitas 11,8 ton/Ha. Untuk lahan sawah di Kabupaten Brebes seluas 62.524 Ha yang didominasi oleh lahan sawah beririgasi teknis dan setengah teknis.
” Dari 17 kecamatan yang ada, wilayah sentra komoditas Bawang Merah ada di 11 kecamatan, dengan rata rata luas tanam per tahun mencapai 35.000 Ha, dengan kecamatan sentra utama berada di Kecamatan Larangan, Wanasari, Bulakamba dan Brebes,” terangnya.
Agus menambahkan melalui studi tiru ini, pihaknya berharap Kepala Dinas Pertanian Solok beserta rombongan dapat memperoleh informasi yang diperlukan dan membawa pulang berbagai pengetahuan dan pengalaman guna mengembangkan produksi Bawang Merah yang berkualitas.
“Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi titik awal kerjasama yang lebih erat antara Kabupaten Brebes dan Kabupaten Solok dalam mengembangkan sektor pertanian,” harapnya.
Tampak setelah mendengarkan paparan, terkait Bawang Merah yang disampaikan Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Brebes Joko Triyatno SP. Rombongan melakukan studi lapangan berbaur dengan petani Bawang Merah Brebes di Desa Krasak dan Wanasari.(Bambang Sugiarto)
Editor : imam

Baca Juga :  Akses Sempit, Babinsa Bantu Pelebaran Jalan