Scroll ke Atas
Berita Utama

Dua Desa Di Kecamatan Paguyangan Penerimaan Bantuan Pemerintah Tahun 2023 Alami Penurunan Dratis Dari Tahun Sebelumnya

42
×

Dua Desa Di Kecamatan Paguyangan Penerimaan Bantuan Pemerintah Tahun 2023 Alami Penurunan Dratis Dari Tahun Sebelumnya

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dua desa di kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes pada tahun anggaran 2023 ini mengalami kenaikan penerimaan bantuan anggaran dari Pemerintah 
Hal tersebut disampaikan Hayban Nazhir,S.STP MSi  dari Dinpermades Brebes saat acara sosialisasi Pengawasan dana desa (DD) di Aula Kecamatan Paguyangan Selasa pagi (21/2/2023) kemarin 
Nazhir menerangkan dari 12 desa yang ada di Kecamatan Pagiyangan diantaranya dua desa yang menerima kenaikan anggaran yaitu desa Ragarunjung dan Cilibur sedangkan desa lainnya mengalami penurunan diantaranya dua desa yang penurunannya dratis yaitu Desa Taraban dan Kedungoleng.  
“Kenaikan maupun penurunan bantuan ini berdasarkan aspek luasan wilayah, jumlah penduduk, dan potensi wilayahnya,” ujarnya.
Hal yang sama dikatakan Sriatun selaku sekretaris Inspektorat Brebes, mengingatkan kepada seluruh kepala desa (Kades) agar bisa menggunakan bantuan anggaran DD maupun bantuan lainnya agar sesuai dengan ketentuan yang ada mengingat banyak aduan yang diterima oleh Inspektorat terkait penggunaan keuangan desa.
Lanjut Sriatun pengawasan ini sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan desa.
“Inspektorat hanya mengawal dan mengamankan implementasikan anggaran dana desa melalui tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah,” tuturnya.
Sementara anggota Komisi I DPRD Brebes H. Waidin  mengungkapkan pengawasan anggaran bantuan DD yang bertujuan mensejahterakan masyarakat agar dikelola sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga kesejahteraan masyarakat Indonesia dapat semakin berkembang. 
Pengawasan DD ini diharapkan mencegah adanya pelanggaran, menentukan model kebijakan dan menaikkan kepercayaan publik.(imam)

Baca Juga :  Jumat Berkah Jajaran Koramil Kersana Secara Rutin Bagi-bagi Nasi Ponggol Kepada Masyarakat