iklan

Iklan

iklan

terkini

Perkuat Jalinan Ukhuwah dan Silaturrahmi, Dosen Pasca Sarjana Ums Pulang Kampung Ke Bumiayu Brebes

20/01/2023, 14:29 WIB Last Updated 2023-01-20T07:46:29Z
 
EMSATUNEWS.CO.ID, BUMIAYU – KH. Dr. Yakub Nasucha, M.Hum Dosen Pasca Sarjana FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta hadir di hadapan ratusan santri yang sudah berjejer rapi dan berkumpul di halaman pesantren untuk mengikuti Stadium General yang digelar oleh Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (PPM MBS) Bumiayu Brebes, Kamis (19/1/2023). 

Moderator kegiatan, Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd mengatakan bahwa Stadium General yang digelar oleh Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (PPM MBS) Bumiayu Brebes menghadirkan narasumber KH. Dr. Yakub Nasucha, M.Hum, Dosen Pasca Sarjana FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Nampak hadir pada acara tersebut Ketua PRM Bumiayu H. Kusen, Wadir Mudir Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc, M.Pd, Kepala SMP MBS Drs.H.Muhtadi, Kabag Sarpras Masrukhi, BE, Penggagas MBS H. Abdul Karim Naqib dan seluruh Dewan Asatidz MBS Bumiayu.

H. Kusen dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya karena hari ini, MBS Bumiayu kedatangan tamu istimewa yang akan memberikan pencerahan kepada kita semua. "Tamu kita yang asli kelahiran Bumiayu ini adalah contoh bagi para santri untuk senantiasa tekun, telaten dan istiqomah dalam memperdalam ilmu di pesantren agar kelak ilmu yang didapat dapat membekas dan menjadi bekal kuat dalam berdakwah di masyarakat luas," ungkap Ketua PRM Bumiayu.

Pada kesempatan yang sama H. Abdul Karim Naqib mengucapkan selamat datang kembali di kampung halaman tercinta, Bumiayu kepada KH. Dr. Yakub Nasucha, M.Hum. Ia menuturkan bahwa pembicara kali ini adalah salah satu putra almarhum KH. Nasucha (Ulama kharismatik Brebes) sekaligus kader persyarikatan yang telah berhasil menjadi akademisi sekaligus ulama sukses, yakni sukses dunia dan insya Allah sukses akhirat. "Karena telah mampu menjadi santri unggul hasil didikan Muhammadiyah dengan segala kiprah dan perannya dalam gerakan dakwah persyarikan Muhammadiyah di Kota Solo baik melalui jalur kampus sebagai akademisi maupun jalur kader sebagai santri," tutur penggagas MBS Bumiayu.

Sementara Kepala SMP MBS Bumiayu yang mewakili Mudir, Drs. H.Muhtadi juga menyampaikan rasa bangga sekaligus berbahagia karena hari ini kedatangan tamu khusus yang sangat luar biasa. Ia menuturkan bahwa kebanggaannya adalah tamunya hari ini adalah orang Bumiayu asli dan alumni dari Sekolah Muhammadiyah. "Kita juga berbahagia karena ini, tamu kita akan berbagi pengalaman tentang wawasan pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, marilah kita dengarkan dengan tenang dan cermat uraian wawasan keilmuan yang akan disampai oleh Dosen Pasca Sarjana FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, KH. Dr. Yakub Nasucha, M.Hum," tandasnya.

KH. Dr. Yakub Nasucha, M.Hum dalam ceramahnya menyatakan bahwa hari ini adalah hari yang sangat istimewa karena dirinya bisa bersilaturahmi dan bertemu dengan PRM Bumiayu dan segenap jajarannya.

"Pada hari ini saya bisa pulang kampung sekaligus silaturrahmi dengan PRM Bumiayu, jajaran pimpinan MBS, Dewan asatidz dan para santri calon pemimpin bangsa. Hari ini saya dipertemukan kembali dengan guru saya H. Kusen, sahabat saya H. Abdul Karim Nagib dan Masrukhi, BE dan adik kelas saya sewaktu di SMP Muhammadiyah Bumiayu Drs. H. Muhtadi serta dewan asatidz yang masih muda-muda dan mumpuni juga para santri hebat dari hampir separo propinsi hadir di MBS Bumiayu untuk memperdalam agama dan menuntut ilmu umum," katanya.

Pembicara stadium general tersebut berharap para santri harus selalu eksis dalam menyapa perkembangan zaman dengan penguatan skill dan akhlakul karimah. Eksistensi santri akan terlihat ketika ia mampu mengasah skillnya dengan menggulirkan gagasan dan melakukan sebuah gerakan untuk kemajuan dan perkembangan dakwah, khususnya dakwah persyarikatan Muhammadiyah. Dengan demikian, santri harus dapat bersikap santun, sering mengasah skill dengan diskusi, berani menjadi garda depan gerakan dakwah, pantang menyerah dan selalu belajar untuk mengimbangi perubahan zaman yang membutuhkan banyak ilmu dan strategi, Kekuatan skill dan adab santri ini juga dapat menghantarkan santri ketika akan masuk perguruan tinggi, baik lewat jalur prestasi, jalur tahfidzul Qur’an maupun jalur mandiri, ungkap pria kelahiran Bumiayu.

Acara stadium general yang dipandu oleh Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd berlanjung hikmat dan lancar. Setelah acara selesai dilanjutkan dengan pembekalan masuk perguruan tinggi untuk santri kelas XII di Masjid Baitussalam PPM MBS Bumiayu yang dlanjutkan shalat dhuhur berjama’ah, ramah tamah dengan dewan asatidz dan pemberian cinderamata kepada pembicara.

Ustadzah Yuli Mulyani, S.Pd selaku Sekretaris PSB MBS Bumiayu juga menginformasikan bahwa bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Gelombang 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 akan dibuka mulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 3 Maret 2023 dengan kuota 100 santri putra/i untuk jenjang SMP (70 Santri) dan SMA (30 Santri).

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH. Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273 (tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu), lebis jelasnya bisa langsung bisa klik https://bit.ly/maps_mbs," ujarnya.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi Ustadzah Azkia Firdausi Zumeira, S.Pd selaku panitia PSB MBS Bumiayu di nomer 0821-2341-8210 atau klik di sini https://bit.ly/3SFJwf9.

Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/.(Tarqum/Nanda AP).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perkuat Jalinan Ukhuwah dan Silaturrahmi, Dosen Pasca Sarjana Ums Pulang Kampung Ke Bumiayu Brebes

Terkini Lainnya

Iklan