iklan

Iklan

iklan

terkini

Pangeran Benowo Tokoh Sentral Berdirinya Pemalang

22/01/2023, 20:17 WIB Last Updated 2023-01-24T13:21:42Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Pangeran Benowo merupakan Putra Mahkota dari Kerajaan Pajang dan tokoh sentral yang telah mendedikasikan hidupnya untuk membangun Kabupaten Pemalang. Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menghadiri Haul Pangeran Benowo di Komplek Makam Pangeran Benowo, Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Minggu (22/1/2023).

“Perlu kita teladani jiwa dan semangat juang Pangeran Benowo yang telah mewakafkan dan mendedikasikan hidupnya untuk membangun Kabupaten Pemalang,” ujar Mansur.

Mansur menjelaskan bahwa semasa hidupnya, Pangeran Benowo tanpa segan memilih jalur yang tidak biasa yaitu mengembara dan akhirnya sampai dan membaur bersama dengan masyarakat Pemalang.

“Dengan penuh dedikasi, beliau membina masyarakat, mendidik dan melatih generasi muda Pemalang menjadi prajurit yang tangguh,” kata Mansur.

Selain itu, berdasarkan literasi yang ada, Pangeran Benowo juga turut berperan dalam menyebarluaskan ajaran Islam kepada masyarakat Kabupaten Pemalang.

Menurut Mansur, pengorbanan Pangeran Benowo dalam mengubur ambisinya menjadi seorang raja, justru membuat beliau dikenang sebagai pemimpin yang bijak di tanah Jawa ini.

Dia menginginkan agar pemimpin yang ada di Kabupaten Pemalang bisa meneladani sikap bijak Pangeran Benowo.

“Sikap itulah yang hendaknya dapat diteladani oleh setiap pemimpin yang ada di Kabupaten Pemalang, sehingga jangan pernah menganggap jabatan adalah segala-galanya,” tegas Mansur.

Mansur Hidayat berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi memeriahkan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-448, khususnya penyelenggaraan Haul Pangeran Benowo ini.

Diketahui, kegiatan Haul Pangeran Benowo merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten, Pemdes Penggarit dan Majelis Al Khidmah.*

Sumber: pemalangkab.go.id


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangeran Benowo Tokoh Sentral Berdirinya Pemalang

Terkini Lainnya

Iklan