iklan

Iklan

iklan

terkini

Masyarakat Desa Kebandungan Keluhkan Akses Ruas Jalan Kabupaten Yang Rusak Parah

20/01/2023, 23:22 WIB Last Updated 2023-01-20T16:24:01Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Ruas jalan penghubung Desa Pengarasan ke Desa Kebandungan Kecamatan Bantarkawung, Brebes, rusak parah. Masyarakat mengeluhkan karena jalan tersebut merupakan akses satu-satunya warga untuk menjual hasil panen pertanian.

Kepala Desa (Kades) Kebandungan Wirsad menjelaskan, kerusakan jalan di desanya sangat memprihatinkan dan sudah sejak lama dikeluhkan warganya. Hal ini Ia sampaikan saat ditemui di kediamannya Jumat, 20 Januari 2023.

Wirsad mengungkapkan, kerusakan jalan sudah terjadi sekitar 2 tahunan, akan tetapi sampai saat ini belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Brebes.

"Ruas jalan rusak terdiri dari jalan yang berlubang dengan panjang sekitar 1 kilometer, serta jalan yang sebagian terputus akibat bencana longsor di wilayah Gunung Jati," ungkapnya.

Wirsad membeberkan, sebelumya Ia sudah mengusulkan perbaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) desa, maupun Musrembang di tingkat kecamatan pada tahun 2019 sebagai skala prioritas. Untuk tingkat kecamatan lolos, namun di tingkat kabupaten gagal atau dicoret dengan alasan anggaran di Recofusing untuk penanganan Covid-19.

Sedangkan untuk jalan yang longsor akibat tergerus sungai Pemali dilakukan penanggulngan darurat secara swadaya masyarakat.

"Untuk jalan longsor kita perbaiki sendiri dengan melibatkan masyarakat yang ikut membantu menyumbangkan tenaga dan dana dari hasil penjualan pertanian. Alahamdulillah terbantu," jelasnya.

Wirsad berharap ada perhatian dan dukungan untuk memperbaiki jalan tersebut, baik alokasi dari anggaran Pemkab atau Bantuan Keuangan (BKU). Sehingga dengan jalan yang bagus diharapkan dapat membantu memperlancar akses masyarakat di bidang pertanian dan mampu meningkatkan perekonomian. (yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masyarakat Desa Kebandungan Keluhkan Akses Ruas Jalan Kabupaten Yang Rusak Parah

Terkini Lainnya

Iklan