iklan

Iklan

iklan

terkini

Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Shanti Rosalia Monitoring Pelayanan KB Gratis

20/01/2023, 11:17 WIB Last Updated 2023-01-20T04:17:49Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Pemalang ke 448 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Sosial KBPP adakan pelayanan KB gratis kepada masyarakat Kabupaten Pemalang, Kamis 20 Januari 2023.

Dalam pelayanan KB gratis yang digelar dalam satu hari disetiap pukesmas di Kabupaten Pemalang, Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Shanti Rosalia Monitoring kegiatan pelayanan KB gratis di Pukesmas Losari dan Pukesmas Jatiroyom.

Shanti Rosalia mengatakan, pelayanan KB gratis yang diberikan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam edukasi kepada masyarakat, bahwa 2 anak lebih baik.

"Maka dengan 2 anak bisa lebih maksimal ya, orang tua mengasuh anaknya dalam memberikan pengasuhan yang maksimal," kata Shanti Rosalia saat monitoring di Pukesmas Losari, Kecamatan Ampelgading

Menurut Shanti, upaya untuk meningkatkan generasi yang lebih baik kedepanya itu dengan memberikan pengasuhan yang maksimal.

"Ini upaya kami, Jadi nanti anaknya akan menghasilkan generasi yang lebih baik lagi," tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial KBPP Pemalang melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Noor Hidayati menuturkan, pelayanan KB gratis ini merupakan sebagai wujud implementasi Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Pemalang.

"Sehingga, dapat merencanakan kehamilan dan mengatur jarak kelahiran guna mewujudkan keluarga yang berkualitas," tuturnya.

Melalui pelayanan KB, kata Noor Hidayati, dapat mendorong antusiasme masyarakat Pemalang atau pasangan usia subur untuk menjalankan program KB dengan baik. Menurut dia, dalam sebuah keluarga yang berkualitas, anak-anak dapat tumbuh berkembang dengan baik.

"Pelayanan KB serentak di Kabupaten Pemalang dilaksanakan bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah, mulai dari RSUD hingga Puskesmas," ujarnya.

"Untuk KB jenis MOW (Media Operasi Wanita-Red) kita bekerjasama dengan RSUD di Kabupaten Pemalang," imbuhnya. 

Pengendalian angka kelahiran dalam satu keluarga akan berdampak pada penurunan prevalensi stunting. Jadi pelayanan program KB berhubungan erat dengan upaya mewujudkan generasi sehat dan unggul. 

"Merawat jarak kelahiran anak sangat penting dalam sebuah keluarga. Selain itu, pentingnya menjaga usia kehamilan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini pun merupakan salah satu upaya untuk mencegah stunting," pungkasnya.

Penulis : Sasongko 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Shanti Rosalia Monitoring Pelayanan KB Gratis

Terkini Lainnya

Iklan