iklan

Iklan

iklan

terkini

Ketua PWI Jateng Amir Machmud: Indikator Wartawan Adalah Hasil Dari Produk Jurnalistik Yang Dihasilkan

23/01/2023, 19:24 WIB Last Updated 2023-01-23T12:25:09Z
EMSATUNEWS.CO.ID, SEMARANG – Peningkatan sumber daya manusia terkait martabat, profesionalitas dan eksistensi wartawan merupakan sebagai tiga matra dalam membangun dan meyakinkan mitra kerja dengan piranti yang memayungi organisasi profesi wartawan. Hal ini dikemukakan oleh Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS di Hotel Grand Saraswati Semarang pada Sabtu, 21 Januari 2023.

“Profesionalitas jelas, adalah masalah kompetensi, dan kemartabatan juga jelas ketika dikaitkan dengan persyaratan profesionalitas. Tanpa profesionalitas tidak mungkin kita memperoleh kemartabatan,” kata Amir Machmud NS yang saat itu menjadi nara sumber dalam Rapat Kerja (Raker) Forum Wartawan Lokal Jawa Tengah (FWLJ).

Ia menjelaskan, indikator terhadap dunia kewartawanan adalah hasil dari produk jurnalistik yang dihasilkan.

Karena produk jurnalistik, kata Amir, merupakan karya terukur melalui sebuah mekanisme yang sangat standar sesuai alur yang tak bisa ditawar.

Amir menegaskan, kepercayaan publik mutlak hanya dapat dihadirkan dari produk-produk jurnalistik yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Produk jurnalistik yang akuntabel adalah yang sudah terproses melalui sebuah verifikasi yang berdisiplin berupa tiga matra yang tak dapat dipisahkan satu dengan yang lain,” ujar Amir.

Selain tiga matra tersebut, ada tiga hal yang patut dipedomani oleh wartawan yaitu, memedomani jurnalistik sebagai langkah syariah, etika dan estetika.

Lebih lanjut Ketua PWI Jateng itu menandaskan ukuran seorang wartawan yang hebat adalah terletak pada hasil karya jurnalistik yang mumpuni, tidak ada celah digugat dari sisi apapun.

Untuk itu diperlukan wartawan-wartawan yang kompeten dan dapat membangun media menjadi institusi yang selain menguntungkan dari sisi industri juga mampu memberikan manfaat kepada bangsa. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua PWI Jateng Amir Machmud: Indikator Wartawan Adalah Hasil Dari Produk Jurnalistik Yang Dihasilkan

Terkini Lainnya

Iklan