iklan

Iklan

iklan

terkini

Inilah Dehidrasi Pada Anak, Ibu Kenali Gejalanya Segera!

25/01/2023, 18:10 WIB Last Updated 2023-01-25T12:14:19Z
Air merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan minum air yang cukup, tubuh kita akan tetap berfungsi dengan baik.Hal ini tidak hanya berlaku pada tubuh orang dewasa, kebutuhan air putih juga sangat penting bagi anak-anak.Karena itu sebisa mungkin anak-anak dapat terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Bila Anda hal ini tidak mau terjadi pada si kecil, Anda bisa mulai tanamkan dari dini untuk meminum air putih sebagai suatu kebiasaan yang baik.

Sebetulnya, kapan si kecil sudah harus kenalkan dengan meminum air putih? Si kecil bisa mulai Anda kenalkan untuk minum air putih mulai dari usia 6 bulan. Pada masa ini, anak sudah mulai dikenalkan dengan MPASI dan bisa diselingi dengan meminum air putih ketika waktu makan. Kebutuhan cairan anak sebenarnya bervariasi karena hal ini tergantung pada tinggi dan berat badan, umur, jenis kelamin, aktivitas fisiknya, hingga faktor eksternal seperti cuaca juga berpengaruh. Dilansir dari laman Alodokter.com, kebutuhan cairan anak menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebagai berikut :
• 800 mililiter (ml) atau kira-kira 2-3 gelas bagi anak usia 7-12 bulan
1,3 liter atau kira-kira 5 gelas bagi anak usia 1-3 tahun
• 1,7 liter atau kira-kira 6-7 gelas bagi anak usia 4-8 tahun
• 2,1-2,4 liter atau kira-kira 8-10 gelas bagi anak usia 9-13 tahun
• 2,3-3,3 liter atau kira-kira 9-13 gelas bagi anak usia di atas 14 tahun

Harap diingat untuk takaran gelas di atas adalah takaran dari gelas belimbing atau sekitar 200 ml. Lalu bagaimana ciri-ciri gejala dehidrasi pada anak dan cara mengatasinya? Coba perhatikan apabila si kecil memiliki gejala seperti ini :
• Mulutnya tampak kering dan memiliki bibir pecah-pecah
• Matanya terlihat lebih cekungn dari biasanya
• Urinenya berwarna pekat
• Frekuensi untuk si kecil buang air kecil sangat jarang atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali
• Lebih lemas dan terlihat mengantuk
• Terlihat sangat haus atau tidak ada keinginan untuk minum sama sekali
• Nafasnya terlihat lebih cepat dan lebih dalam
• Kulitnya terlihat lebih kering dari biasanya

Apabila Anda menemui gejala-gejala ini kepada anak, jangan lupa untuk segera membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut dan untuk menghindari adanya komplikasi bagi si kecil dan dehidrasi juga bisa berbahaya baginya.

Bagaimana ya mengakalinya cara anak semangat minum agar terhindar dari dehidrasi? Mungkin Anda bisa terapkan hal-hal ini :

1. Berikan asupan buah dengan kadar air yang tinggi

Akali dengan memberikan makanan selingan pada si kecil dengan buah yang kaya dengan dengan air yang tinggi seperti strawberry, semangka, melon, jeruk, atau jeruk. Buah-buahan ini bisa membantu untuk mengisi kebutuhan cairan pada si kecil.

2. Istirahat dengan cukup

Agar dapat menjaga kesehatan tubuh dan cairan yang cukup pada tubuh, dianjurkan agar si kecil selalu mendapatkan istirahat yang cukup dan hindari terlalu banyak bermain ketika cuaca sedang terik.

3. Berikan asupan cairan yang sesuai dengan kebutuhannya
Bekali si kecil dengan minum baik di sekolah ataupun di rumah. Akali dengan membelikan botol yang lucu dan unik dari Trunki yang bisa membantu anak untuk lebih semangat minum air putih. 

Apabila memang Anda sedang mencari segala perlengkapan sekolah seperti tas hingga botol minum untuk si kecil, Anda bisa mencarinya di Blibli. Belanja di Blibli cukup mudah, cukup unduh aplikasi Blibli di ponsel pintar Anda, daftar, Anda sudah bisa berbelanja dari rumah dengan aman. Download Blibli sekarang!
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inilah Dehidrasi Pada Anak, Ibu Kenali Gejalanya Segera!

Terkini Lainnya

Iklan