iklan

Iklan

iklan

terkini

H Masruhan Samsurie Beri Sosialisasi Penguatan Demokrasi Kepada Organisasi Pemuda di Pemalang

19/01/2023, 03:21 WIB Last Updated 2023-01-18T20:29:04Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Demokrasi itu ibarat sebuah pohon. Akarnya harus kuat. Buah dari pohon demokrasi itu adalah Pemilu.

Demikian disampaikan anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah Dapil XIII dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H Masruhan Samsurie saat memberikan sosialisasi penguatan demokrasi yang bertajuk 'Kuatkan Demokrasi Lewat Pemuda, Pemuda Hebat' kepada sejumlah organisasi pemuda di Kabupaten Pemalang yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Petarukan, Rabu (18 Januari 2023). 

"Di Arab nggak ada pemilihan-pemilihan itu karena nggak ada demokrasi. Di Arab itu negara kerajaan. Raja yang berkuasa. Apapun keinginan raja. Itu menjadi aturan. Kekuasaan raja menjadi undang-undang," ujar dia.

Menurut Masruhan aturan semacam itu tidak bisa diterapkan di Indonesia. Sebab Indonesia adalah negara demokrasi. Namun dia menyadari terkadang ada pihak-pihak tertentu yang merongrong sistem demokrasi tersebut. 

"Diantara buah (demokrasi) itu kadang ada yang busuk. Yaitu ada organisasi yang justru merongrong demokrasi," cetusnya.

Masruhan berpendapat organisasi yang suka merongrong demokrasi cenderung memiliki sifat yang egois, seenaknya sendiri dan ingin menangnya sendiri. Karenanya dia berharap organisasi semacam itu tidak terjadi di Indonesia.

"Kita harus saling menghargai," pesannya.

Sementara, Ketua DPC PPP Kabupaten Pemalang, Fahmi Hakim menyampaikan ada tiga hal jika berbicara tentang pemuda, ketika sudah masuk ranah demokrasi. Tiga hal itu yakni eksistensi, kesempatan dan kekompakan.

Terkait eksistensi, Fahmi menjelaskan bahwa pemuda wajib memberikan eksistensi nyata atau gerakan nyata yang manfaatnya betul-betul dapat dirasakan masyarakat. Eksistensi itu, bisa diisi dengan kegiatan bakti sosial dan sebagainya.

"Ketika eksistensi sudah dibuktikan, gerakan sudah dibuktikan, tinggal panjenengan bisa memilah, mana-mana saja organisasi yang memberikan kesempatan pemuda. Partai politik mana saja yang memberikan kesempatan kepada pemuda untuk bisa ikut kontestasi," paparnya.

"Panjenengan ingin merubah sistem atau ada usulan yang tersumbat, atau ada pemikiran yang tidak bisa menjembatani, yang bisa menjembatani adalah ketika panjenengan masuk ke pemerintahan," sambung Fahmi Hakim yang juga Ketua Komisi B DPRD Pemalang.

Kemudian terkait kesempatan, Fahmi mengatakan bahwa pemuda harus mendukung partai politik yang memberi kesempatan pada anak-anak muda untuk masuk dalam pemerintahan.

Setelah eksistensi sudah dibuktikan dan kesempatan masuk pemerintahan lalu tinggal pembuktian bahwa pemuda itu bisa membawa kesejahteraan lewat suksesi pemerintahan.

"Percuma kalau kita gembar-gembor di luar, kalau kita sendiri tidak menyeimbang dari pemerintahan," pungkasnya.

Penulis : Yanto 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • H Masruhan Samsurie Beri Sosialisasi Penguatan Demokrasi Kepada Organisasi Pemuda di Pemalang

Terkini Lainnya

Iklan