iklan

Iklan

iklan

terkini

Dinas Sosial KBPP Kabupaten Pemalang Mengenalkan Duta Genre di Acara Kirab Pataka dan Seni Budaya

25/01/2023, 06:31 WIB Last Updated 2023-01-24T23:31:03Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Dalam acara Kirab Pataka dan Seni Budaya Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke 448, Dinas Sosial KBPP Pemalang mengenalkan duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pemalang tahun 2022 sebagai simbol generasi muda berencana, Selasa (24 Januari 2023).

Kapala Dinas Sosial, melalui Kepala Bidang (Kabid) PPKB Dinas Sosial KBPP Pemalang Noor Hidayati mengatakan, duta Genre ini sangat penting untuk dikenalkan kepada masyarakat. Karena sebagai simbol generasi muda berencana di Kabupaten Pemalang.

"Peran kami (Dinas Sosial) disini memperkenalkan duta GenRe ke masyarakat, karena selama ini mungkin duta Genre Kabupaten Pemalang tidak dikenal padahal duta Genre mempunyai mindset sangat luar biasa," kata Noor Hidayati usai mengikuti Kirab Patata dan Seni Budaya. 

Noor Hidayati mengaku meskipun pemilihan duta GenRe dilakukan pada setiap Kecamatan, namun secara umum maupun spesifik duta GenRe belum banyak yang tau. 

"Pada kesempatan ini (Kirab Pataka) kami memanfaatkan momen untuk memperkenalkan kepada masyarakat, jika di Pemalang ada duta GenRe," ujarnya

Noor Hidayati membeberkan, pemilihan duta GenRe sudah ada sejak tahun 2016. Dalam pemilihan duta GenRe di ikuti oleh perwakilan dari 14 Kecamatan dan sekolah tingkat atas di Kabupaten Pemalang.

Bahkan lanjut dia, awal munculnya duta Genre di Pemalang itu sudah menorehkan prestasi sebagai kategori putera GenRe berbakat tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Alhmdulillah diawali tahun 2016 sudah menelorkan prestasi. Waktu itu untuk putranya dipilih tingkat Provinsi menjadi putra berbakat. Itu menjadi salah satu embrio adanya duta Genre di Kabupaten Pemalang," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, duta GenRe sebenarnya sebagai peserta dari Pusat Informasi Konseling (PIK) di masing-masing PIK yang ada pada tiap Kecamatan atau lingkungan belajarnya.

"Tugasnya adalah menjadi remaja berencana, melakukan konseling sebaya di lingkungannya," pungkasnya.

Sebagai informasi, pemilihan duta GenRe Kabupaten Pemalang tahun 2022 dilaksanakan pada bulan November 2022 lalu di ikuti sebanyak 34 finalis perwakilan dari 14 Kecamatan dan 6 sekolah tingkat atas.

Sebelumnya, 34 finalis tersebut bersaing dengan ratusan peserta yang telah mendaftar sebagai duta GenRe Kabupaten Pemalang, setelah dilaksanakan seleksi secara ketat di dapatkan 34 finalis untuk memperebutkan duta GenRe Kabupaten Pemalang 2022.

Penulis : Sasongko 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Sosial KBPP Kabupaten Pemalang Mengenalkan Duta Genre di Acara Kirab Pataka dan Seni Budaya

Terkini Lainnya

Iklan