iklan

Iklan

iklan

terkini

Dalam Sambutan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke 345 Kabupaten Brebes Sambutan Pembina Menggunakan Tiga Bahasa

18/01/2023, 16:48 WIB Last Updated 2023-01-18T09:52:27Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Upacara Peringatan Hari Jadi ke-345 Kabupaten Brebes digelar berbeda dengan tahun sebelumnya di Alun-alun Brebes, Karena sambutan pembina upacara disampaikan dalam tiga bahasa (bahasa Indonesia, Brebesan dan Sunda) oleh Penjabat (Pj) Bupati Urip Sihabudin, Rabu (18/1/2023) pagi.

Tampak Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin dalam sambutannya menyampaikan dengan tiga bahasa tersebut, dikandung maksud untuk nguri-uri (memelihara) budaya dan bahasa ibu, yang dimiliki Kabupaten Brebes. 

“Kabupaten Brebes memang unik, selain daerahnya luas, penduduknya banyak juga cara berkomunikasi dengan tiga bahasa. Masyarakat Brebes menggunakan Bahasa Ngapak Brebesan, Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia,” ujar Urip usai upacara. 

Menurutnya, keragaman bahasa ini harus terus dipelihara sebagai kekayaan yang tak ternilai harganya. Ada 6 kecamatan yang warganya berbahasa Sunda yakni Salem, Bantarkawung, Losari, Banjarharjo, Ketanggungan dan Larangan.

Lanjut Urip,  sebagai upaya nguri uri budaya yang dimiliki, dimomen spesial puncak peringatan Hari Jadi ke 345 dirinya sengaja menyampaikan sambutan dengan tiga bahasa tersebut.

Urip menegaskan agar berupaya keras memperkuat niat mengabdi untuk melayani masyarakat Kabupaten Brebes yang lebih baik.

Urip mebambahkan pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, Eksekutif dan Legislatif maupun Yudikatif untuk bersama-sama mewujudkan cita cita Kabupaten Brebes.

Inyong ngejak kanggo sakabehe warga, eksekutif, legislatif karo yudikatif remojong bareng-bareng mujudna cita-cita Brebes. Dadekna dina pengetan kie kanggo, mecut semangat mbangun, natani majune karo ningkatna kasejahteraan kabeh warga Kabupaten Brebes (Saya mengajak kepada semua warga, eksekutif, legislatif dan yudikatif untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita Brebes, menjadikan Hari Jadi ini sebagai cambuk penyemangat membangun, menata kemajuan kesejahteraan warga Brebes),” tutur Urip dalam bahasa ngapak Brebesan.

Sementara upacara puncak peringatan Hari Jadi ke-345 Brebes berlangsung dengan meriah dengan tambahan prosesi penyerahan Bendera Pataka Brebes dengan iringan tari-tarian dan Paskibra. 

Upacara juga diikuti Bupati Brebes dan Wakil Bupati Brebes tempo dulu dan para pejabat lainnya beserta keluarganya.  

Kegiatan dihadiri Bupati Brebes ke- 27 H. Samsudin Sagiman, Plt Bupati Brebes ke-28 H Tri Harjono, Bupati Brebes ke 30 H Agung Widiyantoro, Bupati Brebes ke-31 Hj. Idza Priyanti, Plt Bupati Brebes Budi Wibowo, Wakil Bupati H. Achmad Faris Sulhaq, Istri Bupati Muhammad Tajudin Noor Aly, Istri Bupati Sartono Gondosoewandito, Putra dan Putri Bupati Syafrul Supardi, Istri Bupati Hardono beserta Putra dan putrinya. Pejabat terdahulu juga tampak hadir yakni Sekda Bambang Muryantono, Sekda Emastoni Ezam, Plt Sekda Moh Iqbal.

Upacara juga diikuti para Kepala Daerah tetangga, Forkopimda, para Kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD dan undangan lainnya.

Di akhir upacara Pj Bupati Brebes beserta Forkopimda menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba lomba dalam rangka peringatan Hari Jadi dan dilanjutkan resepsi dan ramah tamah di Aula Pendopo Kabupaten Brebes.- (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dalam Sambutan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke 345 Kabupaten Brebes Sambutan Pembina Menggunakan Tiga Bahasa

Terkini Lainnya

Iklan