Scroll ke Atas
Berita Utama

Anggota Babinsa Tonjong Siapkan Remaja Desa Jadi TNI AD Bintara dan Tamtama Tahun 2023

33
×

Anggota Babinsa Tonjong Siapkan Remaja Desa Jadi TNI AD Bintara dan Tamtama Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Beberapa siswa yang merupakan campuran dari beberapa sekolahan di wilayah Kecamatan Tonjong dan Kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes menjadi anak didik untuk dipersiapkan menjadi prajurit TNI-AD bintara dan tamtama tahun 2023 oleh anggota Babinsa Koramil Tonjong Kodim 0713 Brebes Koptu Supriadi.
“Saya saat ini sedang melatih sejumpah 12 orang anak, yaitu 10 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, yang merupakan campuran dari murid SMA kelas 11 dan 12, yang ada di dua wilayah kecamatan,” terangnya, Selasa (10/1/2023).
Supriadi mengatakan materi latihan yang diberikan meliputi lari joging ketahanan 5 km, 5 set lari sprint 100 meter, kemudian jasmani B berupa pull up, sit up, push up, shuttle run, dan langgers. Kemudian untuk ketangkasan renang berupa gaya dada/katak, sesuai gaya yang diujikan saat seleksi penerimaan prajurit.
“Untuk latihan jasmani A dan B dilatihkan setiap Minggu pagi, sedangkan renang kita laksanakan setiap hari Selasa dan Minggu di kolam renang terdekat,” ujarmya.
Lanjut Supriadi, jadwal latihan diadakan pada hari Minggu dan Renang Selasa sore di sela-sela kesibukan sebagai Babinsa dan agar tidak mengganggu aktivitas belajar para anak didiknya.
“Menjadi prajurit tidak cukup hanya mengandalkan semangat saja, namun calon harus benar-benar siap secara fisik, mental, administrasi (nilai akademik dan psikotes), serta ditunjang postur yang ideal,” tuturnya.
Supriadi menambahkan, pihaknya hanya mengarahkan dan memoles saja, selanjutnya adalah kemampuan para calon itu sendiri.
Terpisah Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki menyampaikan, apa yang dilakukan salah satu babinsanya itu merupakan dalam rangka kampanye kreatif guna rekrutmen TNI.(aan/imam)

Baca Juga :  Puslitbang Polri Gelar Penelitian Penguatan Pemberantasan Kejahatan di Brebes