iklan

Iklan

iklan

terkini

Warga Pasarbatang Gelar Giat Kerja Bakti Bersihkan Eceng Gondok di Sungai

12/12/2022, 17:42 WIB Last Updated 2022-12-12T10:42:27Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Antisipasi terjadinya banjir di musim penghujan tumbuhan eceng gondok yang tumbuh di sunga dibersihkan warga Pasarbatang, Kecamatan Brebes secara bergotong-royong melaksanakan kerja bakti, Senin (12/12/2022).

Serka Sudirso selaku anggota Babinsa dari Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes setempat mengatakan giat kerja bakti itu dilakukan untuk melancarkan saluran air buangan dari kota yang tersumbat khususnya di RT. 06 dan 07 RW. 05 Kelurahan Pasarbatang.

“Warga RW. 05 Kelurahan Pasarbatang sangat antusias kita ajak untuk bersih-bersih saluran air termasuk ibu-ibu. Buktinya, sepanjang 60 meter saluran air di RT. 06 dan 07 itu kini telah bersih,” ujarnya

Lanjut Sudirso kerja bakti pembersihan tersebut akan diteruskan direncanakan pada Jumat mendatang (16/12), mengingat masih tersisa sekitar 40-50 meter lagi eceng gondok tumbuh di saluran air di RW.05 itu.

“Bersih dan rapinya lingkungan menandakan bahwa kepedulian di lingkungan itu tinggi. Kita berharap warga desa tetangga di sepanjang aliran sungai untuk juga membersihkan eceng gondok sampai ke muara, guna mencegah terjadinya sarang berbagai bibit penyakit, terlebih penyakit yang ditularkan melalui perantaraan nyamuk," tuturnya. 

Hal senada disampaikan Lurah Pasarbatang Suharis, pihaknya berharap dinas terkait untuk segera melakukan normalisasi saluran air yang dangkal sehingga air buangan dari Brebes kota bisa lancar ke muara.

Suharis juga minta kepada warganya agar lebih peduli akan kebersihan lingkungan khususnya saluran air, karena di beberapa titik alat berat kesulitan atau bahkan tidak bisa masuk sama sekali ke bibir sungai untuk melakukan normalisasi, dikarenakan mayoritas rumah-rumah warga dibangun di sekitar saluran buangan air.(aan/imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Pasarbatang Gelar Giat Kerja Bakti Bersihkan Eceng Gondok di Sungai

Terkini Lainnya

Iklan