iklan

Iklan

iklan

terkini

Ratusan Pramuka Peduli, Disiapkan Sebagai Relawan Tanggap Bencana

09/12/2022, 21:09 WIB Last Updated 2022-12-09T14:12:39Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kabupaten Brebes memiliki wilayah terluas kedua di Jawa Tengah dan dengan kondisi geografis yang beragam sehingga potensi terjadinya bencana sangatlah besar untuk itu, dibutuhkan kader-kader pemuda yang terlatih dalam mitigasi bencana dengan sukarela akan bergerak bila terjadi bencana. 

Untuk mewujudkan hal itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes menggembleng ratusan Pramuka Peduli untuk dijadikan relawan dalam kemah bakti pemuda.

Harapan tersebut disampaikan Pelaksana harian (Plh) Bupati Brebes Djoko Gunawan saat membuka Kemah Bhakti Pemuda yang dilaksanakan di halaman Kwarcab Brebes, Jum'at (9/12/2022).

Djoko mengatakan akhir akhir sering tersiar berita tentang bencana yang melanda tanah air seperti Gempa Bumi Cianjur, longsor dan Gunung Semeru meletus. "Oleh karenanya kesiapsiagaan bersama perlu ditingkatkan, mengingat bencana terjsdi bisa datang kapan saja dan di mana saja," ujarnya.

Lanjut Djoko giat kemah bakti pemuda ini dalam rangka mencetak para pemuda yang terlatih dan tersistem dalam hal keterampilan mitigasi bencana. Mereka akan memiliki aksi cepat tanggap ketika terjadi bencana sehingga dapat meminimalisir risiko bencana.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Brebes Caridah MPd selaku Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan, kemah diikuti 100 peserta dari 17 Kwarran dan untusan Kesakaan. Bertujuan menyiapkan kader-kader relawan Pemuda dalam bidang mitigasi bencana yang akan selalu siap siaga menjadi relawan kebencanaan. Mereka bakal digembleng teori dan praktek selama tiga hari 9-11 Desember 2022.

Peserta mendapatkan materi berupa teori dan praktek simulasi terkait kebencanaan. Tim instruktur berasal dari Tim BPBD, PMI, Pemadam Kebakaran, Tagana Dinas sosial Kabupaten Brebes serta Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Brebes bebernya

Hal senada Kepala Pelaksana BPBD Brebes Ir Nushy Mansur mengapresiasi kepada Dindikpora yang telah menyelenggarakan Kemah Bhakti Pemuda yang dikhususkan mencetak kader-kader pemuda yang tergabung dalam Pramuka Peduli untuk menguasai bidang Mitigasi Bencana.

Nushy yakin dengan semakin banyaknya orang yang paham tentang Mitigasi Bencana maka akan sangat membantu Tugas BPBD mana kala terjadi suatu Bencana. 

“Tidak perlu diterjunkan jika mereka sudah menguasai mitigasi bencana, karena otomatis pasti akan dengan sendirinya sigap dan tanggap dan mengerti apa yang mereka harus lakukan,” ungkapnya 

Kegiatan pembukaan kemah bakti penuda tersebut dihadiri Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Bina Muda Kwarcab Brebes Budhi Adjar Pranoto, Wakabid Humas dan Abdimas Kwarcab Brebes Wasdiun, Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Brebes Kustoro Why, Ketua PMI Brebes Wahidin Soedja, Kepala Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes Fajar Adi Widiarso, Kepala Bidang Linmas dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Brebes Sujadi, serta para Andalan Gerakan Pramuka Kwarcab Brebes berlangsung lancarm.(imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ratusan Pramuka Peduli, Disiapkan Sebagai Relawan Tanggap Bencana

Terkini Lainnya

Iklan