Scroll ke Atas
Berita Utama

Kabupaten Brebes Raih Penghargaan Program ICARE Pertanian 2022

27
×

Kabupaten Brebes Raih Penghargaan Program ICARE Pertanian 2022

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes mendapat penghargaan atas dukungannya terhadap Program Integrated Corporation of Agricultural Resources Empowerment (ICARE) Kementerian Pertanian RI.
Penghargaan diserahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada Penjabat (Pj) Bupati Brebes Urip Sihabudin, di Sultan Hotel dan Residence, Jl. Gatot Subroto, Gelora, Jakarta Pusat, pada Jum’at (16/12/2022) malam. 
Pemberian penghargaan yang berbarengan dengan launching Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian RI,
Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin  mengatakan pihaknya mengaku bangga dan bersyukur serta berterima kasih kepada petani Brebes.  
“Ini penghargaan yang sesungguhnya buat masyarakat Brebes yang dengan gigih bergelut dalam bidang pertanian. Sebagai wong tani patut bangga karena pemerintah semakin memperhatikan pertanian Brebes,” ungkap Urip usai menerima penghargaan.
Lanjut Urip, Pemkab berkomitmen dan mendukung penuh program pengembangan kawasan pertanian terstandar-ICARE tahun 2022-2027. Hal ini diwujudkan dengan mengembangkan komoditas pisang integrasi dengan padi di Kecamatan Losari dengan target seluas 1000 hektar. 
“Disini, ada pertanian yang berstandart nadional mulai dari hulu sampai hilir,” ujarnya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes Yulia Hendrawati menjelaskan, dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara Pj. Bupati dengan Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP).
MoU terkait kegiatan ICARE tersebut menurut Yulia berbentuk pola integrasi antara pisang dengan padi yang dilaksanakan selama lima tahun, dari 2023 sampai 2027. Di Kecamatan Losari sudah ada budidaya pisang seluas 200 hektar. Dalam lima tahun ke depan diharapkan tercapai 1000 hektar yang dikelola dari hulu hingga hilir dengan pengelolaan sesuai standar nasional.
“Pengelolaan dari hulu hingga hilir meliputi penataan dari kelembagaan pertanian, peningkatan SDM Pertanian, budidaya, pasca panen, pengolahan hasil dan pemasaran,” terang Yulia.  
Lanjut Yilia, untuk lokasi program tersebut berada di Kecamatan Losari, dan diharapkan menjadi titik tolak kegiatan ICARE secara nyata juga mendapatkan dukungan pemerintah provinsi serta Kementerian Pertanian. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ICARE, pengelolaan kawasan dan rantai komoditas pertanian yang berkelanjutan dan inklusif di lokasi terpilih dapat tercapai. 
“Dengan begitu bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan petani, meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, PAD, serta memberikan kontribusi peningkatan perekonomian nasional,” pungkasnya.
Tampak selain Pj. Bupati Brebes, penganugerahan apresiasi juga diberikan kepada sembilan gubernur dan sembilan bupati atas dukungan terhadap pelaksanaan program ICARE.(imam)

Baca Juga :  Polwan Polres Brebes Gelar Syukuran, Rayakan HUT Ke 74