Scroll ke Atas
Berita Utama

Join Perhutani, Polres Pekalongan Laksanakan Penanaman Pohon 21 Ha

29
×

Join Perhutani, Polres Pekalongan Laksanakan Penanaman Pohon 21 Ha

Sebarkan artikel ini

 

EMSATUNEWS.CO.ID, PEKALONGAN – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dan meningkatkan pengelolaan hutan, Polres Pekalongan bersinergi dan bekerjasama dengan Perhutani Pekalongan melaksanakan penanaman pohon di Petak 11 K-1 Kutorojo BKPH Kesesi, Kamis (29/12).
Acara tersebut dihadiri oleh Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizki Aditya, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria., Kadivre Jateng Ratmanto Trimahon, Wakadivre Anggar Widiyatmoko, ketua CDK IV lingkungan hidup Jateng, Kabagren Polres Pekalongan, Kasat Lantas Polres Pekalongan, Kapolsek Kajen, segenap Kedep Regional Jateng, GM. penjualan Jawa Tengan, segenap administratir wil. Jateng cab. dinas kehutan, Muspika Kesesi serta LMDH.
Disela penanaman, Kadivre Jateng Ratmanto Trimahon menyampaikan bahwa tujuan penanaman bukan hanya untuk produksi saja, namun sebagai fungsi ekonomi/produksi, fungsi sosial dan juga fungsi lingkungan, yang semuanya harus diwujudkan secara bersama.
“Selama Ta. 2022 telah selesai secara fisik dan administrasi penanaman sejumlah 26.645.266 pohon. Dan tanam tutup tahun hari ini sejumlah 2.700 pohon antara lain kopi, pinus dan durian,” ujarnya.
Ratmanto mengungkapkan setiap tahunnya dilaksanakan tebang habis seluas 13 s.d 15 Ha.
“Jadi ada dua macam tebang, tanam rutin untuk produksi dan tanam pembangunan, dimana lahan tidak produktif kita tebang dan kita tanam,” ujarnya.
“Tanam ini merupakan investasi karena perhutani inilah mesin produksi kita,“Jadi tanam, pelihara dan pengamanan,” tambahnya.
Sementara itu, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria,  mengatakan bahwa Polres Pekalongan telah bekerja sama dengan perhutani Pekalongan dalam melaksanakan penanaman pohon guna meningkatkan ketahanan pangan. 
“Lahan ini, kita melakukan kerjasama dengan Perhutani Pekalongan Timur dengan tanah seluas 21 hektar. Dan saat ini kita tanami ketela, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ditanami tanaman pinus dan juga kopi,” ujarnya.
AKBP Arief berharap semoga kedepannya sinergitas antara Polri dengan Dinas Kehutanan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup dan menjaga kelestarian hutan senantiasa terwujud dengan baik.
Penanaman pohon dilaksanakan secara simbolis oleh Kadivre Jateng, Dandim 0710 Pekalongan dan Kapolres Pekalongan. (*)
Editor: Eva

Baca Juga :  Dua Pohon Pinus Tumbang Akibat Hujan Deras, Tutup Akses Jalan Doro – Petungkriyono