Scroll ke Atas
Berita Utama

Jelang Peringatan Hari Juang Kartika Kodim 0713 Brebes Gelar Donor Darah dan Ziarah Pahlawan

30
×

Jelang Peringatan Hari Juang Kartika Kodim 0713 Brebes Gelar Donor Darah dan Ziarah Pahlawan

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Menjelang peringatan Hari Juang Kartika atau Hari Infantri TNI-AD yang akan jatuh pada tanggal 15 Desember 2022 besok jajaran Kodim 0713 Brebes menggelar giat ziarah rke Taman Makam Pahlawan Kusumatama Brebes dan donor darah di aula Jenderal Soedirman Makodim setempat, Rabu (14/12/2022).
Dandim Letkol Infantri Tentrem Basuki menhatakan kegiatan dalam peringatan Hari Juang Kartika tersrbut merupakan refleksi pada masa perang kemerdekaan, yaitu untuk mengenang peristiwa heroik pertempuran antara TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dengan pasukan sekutu Belanda di daerah Ambarawa yang berlangsung selama empat hari empat malam (12-15 Desember 1945), dimana peristiwa itu dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa.
“Jadi ceremonial yang diperingati setiap tanggal 15 Desember ini untuk mengenang dan mendoakan para anggota TKR yang gugur untuk membebaskan Kota Ambarawa dan mengusir penjajah. Selanjutnya, tanggal 15 Desember itu diperingati sebagai hari jadi TNI-AD,” ujarnya.
Lanjut Dandim, agar peringatan tahun ini lebih bermanfaat maka digelar bakti sosial donor darah yang diikuti segenap instansi dan elemen masyarakat.
“Alhamdulillah legiatan donor darah hari ini terkumpul sebanyak 60 kantong darah dari 73 orang. Untuk 13 orang calon pendonor yang belum bisa kita juga ucapkan terima kasih,” tuturnya.
Sementara Iyan, petugas UTD PMI Brebes, menerangkan masing-masing pendonor diambil darahnya sebanyak 350 cc.
“Dari 60 kantong darah yang terkumpul, 12 adalah golongan darah A, kemudian 19 golongan darah B, selanjutnya 27 merupakan golongan darah O, dan 2 lagi AB,” terangnya.
Pihaknya mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran Kodim 0713 Brebes dan juga para relawan kemanusiaan. (aan/imam)

Baca Juga :  Penanaman Pohon Dalam Rangkaian Kegiatan BMWI Jawa Tengah