Scroll ke Atas
Berita Utama

Antisipasi Pungli, Sipropam Polres Pekalongan Sidak Kantor Pelayanan Masyarakat

24
×

Antisipasi Pungli, Sipropam Polres Pekalongan Sidak Kantor Pelayanan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEKALONGAN – Kasi Propam Polres Pekalongan bersama anggotanya melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap satuan dan unit pelayanan masyarakat di Polres Pekalongan, Selasa (20/12/2022).
Sasaran kegiatan tersebut adalah untuk memastikan pelayanan prima Polres Pekalongan kepada masyarakat serta untuk menghilangkan praktik pungli di lingkungan Polres Pekalongan pada tempat pelayanan publik seperti penerbitan SKCK (Sat Intelkam), SPKT, dan Sidik Jari (Ident Reskrim), SIM dan Samsat.
Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, melalui Kasi Propam Iptu mustajab mengatakan bahwa sidak yang dilakukan adalah wujud pengawasan dan pengendalian kepada anggota terutama dalam melaksanakan tugas pelayanan masyarakat sehingga bisa lebih maksimal dan sesuai dengan aturan yang ada.
“Kita imbau kepada anggota agar melayani dengan baik masyarakat tentunya sesuai dengan aturan yang ada. Dan kami tekankan jangan ada pungli selain biaya pengurusan surat surat sesuai dengan ketentuan,” kata Kasi Propam.
Kasi Propam juga menambahkan bahwa pengawasan dan pengendalian ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan zona integritas dilingkungan Polres Pekalongan guna menuju wilayah bebas dari korupsi, (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani, (WBBM) di Polres Pekalongan.
Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar berperan aktif bersama-sama menghilangkan pungli. Jika ada praktik pungli yang dilakukan oleh oknum anggota, Kasi Propam mempersilakan masyarakat untuk melaporkan.
“Bisa hubungi nomor pengaduan masyarakat yang sudah ada di setiap tempat pelayanan masyarakat, atau langsung melaporkan kepada Polres,” imbuhnya.
Dalam kegiatan tersebut Kasi Propam tidak menemukan adanya praktik pungli.
“Harapannya pada tempat pelayanan Kepolisian yang sudah dilakukan sidak benar-benar bebas dari pungli,” ujarnya. (*)
Editor : Eva

Baca Juga :  Kamabicab : Pramuka Harus Bisa Dinamis dan Gunakan Teknologi Informasi