iklan

Iklan

iklan

terkini

Temukan Jejak Pahlawan Lewat Upacara di Hari Pahlawan

11/11/2022, 04:52 WIB Last Updated 2022-11-10T21:53:54Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Memperingati Hari Pahlawan merupakan upaya menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menghidupkan kembali dalam benak akan arti perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting diresapi akan semangat dan keikhlasannya.

Itulah pesan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan  Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti  saat  sambutan upacara Hari Pahlawan di Alun-alun Brebes, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut Tri Rismaharini mengungkapkan, dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu. "Merdeka atau Mati!"

“Para pejuang kemerdekaan indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita, anak dan cucu kandung revolusi indonesia sangat layak untuk diperjuangkan,” tandasnya. 

Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat tuhan yang maha kuasa.

“Sekarang kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” ajak Risma.

Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, pahlawanku teladanku.

Sebelumnya, juga digelar upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Tama Brebes. Bertindak sebagai pimpinan rombongan ziarah dan tabur bunga Dandim 0713/Brebes Tentrem Basuki.

Dalam peringatan Hari Pahlawan yang mengusung tema ‘Pahlawanku Teladanku' itu antara lain diikuti Wakil Bupati Brebes Narjo, jajaran Forkopimda, Anggota DPRD, Sekda Brebes Djoko Gunawan, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, ASN, TNI, Polri, satuan pengamanan, PGRI, perwakilan siswa SMA/SMK, Pramuka, serta mahasiswa. Panitia juga mengundang para veteran hadir sebagai undangan serta tamu undangan lainnya.(imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Temukan Jejak Pahlawan Lewat Upacara di Hari Pahlawan

Terkini Lainnya

Iklan