iklan

Iklan

iklan

terkini

Peringati HUT HKN ke-58 Puskesmas Bumiayu Gelar Donor Darah Dapat Doorprize

12/11/2022, 16:41 WIB Last Updated 2022-11-12T09:42:54Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Puskesmas Bumiayu, Brebes, menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) donor darah sebagai wujud kepedulian kemanusian, sekaligus ikut mensukseskan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menggalang darah.Giat tersebut bertempat di Aula Puskesmas pada Sabtu, 12 Nopember 2022.

Kepala Plt. BLUD Puskesmas Bumiayu dr. Hawa Masfufah melalui kordinator acara kegiatan donor darah Khunelis menjelaskan, penggalangan donor darah tersebut merupakan kepedulian kemanusiaan sekaligus agenda dalam memperingati HKN yang ke-58, serta upaya Dinas Kesehatan Brebes melalui Puskesmas Bumiayu untuk berpartisipasi dalam menggalang ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Brebes.

"Kegiatan donor darah merupakan agenda rutin 3 bulan sekali yang biasa digelar Puskesmas Bumiayu bekerjasama dengan PMI Cabang Unit Bumiayu, namun untuk kegiatan donor darah kali ini merupakan wujud dalam memperingati HKN yang ke-58," terang Khunelis selaku Bidan Kordinator Puskesmas Bumiayu. 

Peranserta layanan kesehatan dalam membantu PMI menggalang darah merupakan hal yang posistif, dimana ketersediaan akan stok darah harus selalu mencukupi, ungkap Khunelis atau Uun sapaan akrabnya.

Uun menambahkan, dengan ketersediaan darah yang selalu ada disetiap dibutuhkan ini dapat membantu menanggulangi angka Kematian Ibu dan Bayi (KIB). "Saat Ibu melahirkan manakala terjadi pendarahan dan membutuhkan transfusi darah, ketersediaan darah di PMI tentunya sangat-sangat membantu," paparnya.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, dari jumlah 35 pendaftar yang terdiri dari staf karyawan Puskesmas Bumiayu dan masyarakat terkumpul sejumlah 25 kantung darah, namun 10 sisanya tidak lolos pada saat skrining atau pengecekan kesehatan. Bagi peserta yang lolos akan diberi kupon yang akan diundi, bagi yang mendapatkan undian, maka akan mendapat doorprize berupa bingkisan yang menarik dari Puskesmas.' Pungkas Uun.

Sementara itu PMI Cabang Unit Bumiayu melalui Triyanto selaku kordinator membenarkan bahawa pihaknya selama ini sudah sering berkordinasi dan bekerjasama dalam penggalangan donor darah bersama Puskesmas Bumiayu. 

Tri mengucapkan selamat HKN ke-58 semoga para tenaga kesehatan di Indonesia serta Kabupaten Brebes umumnya, serta Puskesmas Bumiayu Khususnya selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam setiap menjalankan tugas-tugasnya. Tri juga mengapresiasi dan berterimakasih atas kerja sama yang sudah terjalin selama ini, Ia berharap kedepan bisa lebih banyak lagi perolehan kantung darahnya, sehingga agenda rutinan donor darah yang bertempat di Puskesmas Bumiayu semakin menambah minat masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

"Semoga di HKN ke-58 tenaga kesehatan Puskesmas Bumiayu di berikan keberkahan dan semoga kerjasama yang apik antara Puskesmas Bumiayu dan PMI Cabang Unit Bumiayu akan terus terjalin, sehingga kegiatan donor darah akan terjadwal rutin dan masyarakat tentunya akan semakin banyak yang tau dan paham mendonorkan darahnya di Puskesmas Bumiayu, syukur-syukur akan ada tambahan bagi peserta baru yang mau mendonorkan darahnya," harap Tri. (yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati HUT HKN ke-58 Puskesmas Bumiayu Gelar Donor Darah Dapat Doorprize

Terkini Lainnya

Iklan