iklan

Iklan

iklan

terkini

Pemdes Penggarutan Kembali Gelar Grand Opening Paskul Munjul Exotic Bukit Munjul

14/11/2022, 07:47 WIB Last Updated 2022-11-14T00:49:22Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pemerintah Desa (Pemdes) Penggarutan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes kembali membuka atau menghidupkan kembali gelar acara Grand Opening Pasar Kuliner (paskul) Mundjul Exotic di bukit Munjul dalam rangka upaya meningkatkan kuliner UMKM yang sempat terhenti akibat dampak pandemi Covid-19.

Kegiatan yang diawali dengan pemukulan kentongan oleh Kepala Desa (Kades) setempat, Minggu (13/11/2022) pagi.

Ketua Karang Taruna Garda Mandiri Desa Penggarutan Firdos Ferdi Alamsyah mengatakan kegiatan yang bemitra dengan Pemdes ini sebagai bentuk semangat warga yang dibuktikan mereka hadir dan berkumpul mulai pagi yang diawali dengan mengikuti kegiatan senam pagi aerobic puluhan pedagang pun sudah siap membuka lapaknya untuk menjajakan berbagai kulinernya.

"Ada sejumlah 42 pedagang yang terdaftar menjajakan dagangannya dari kuliner tradisional sampai kuliner kekinian," ujarnya.

Lanjut Firdos selain itu juga disediakan tempat pemeriksaan kesehatan dan pengecekan BPJS penuh dengan pengunjung dengan dibuka kembali paskul Mundjul Exotic ini bisa berdampak positif dan dapat meningkatnya perekonomian masyarakat Desa Penggarutan.

Hal yang sama disampaikan Kades Penggarutan Rosy Ibnu Hidayat dalam sambutanya pihaknya meminta agar warganya, bisa terus bersemangat kegotongroyongan dan semangat silaturahmi untuk memajukan desa dengan pemberdayaan pelaku UMKM.

Rossy juga berharap dengan dibukanya kembali pasar kuliner (paskul) Mundjul Exotic ini agar menjadi tonggak untuk kemajuan perekonomian Desa Penggarutan kedepan.

"Dengan mendorong pembangunan perekonomian Desa Penggarutan menjadi desa mandiri dengan memunculkan potensi desa, baik potensi sumber daya alam sebagai desa wisata maupun potensi Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pelaku usaha di bidang perekonomian dan dibarengi dengan inovasi yang terus dikembangkan oleh generasi muda dan Karang Taruna agar terus mengembangkan usahanya dalam meramaikan paskul Mundjul Exotic yang dibuka setiap hari Minggu pagi," harapnya.

Sementara Andri Lughimanata, selaku Pendamping Lokal Desa (PLD) yang mewakili Camat Bumiayu dalam sambutannya memberikan apresiasi dan mendorong Pemdes Penggarutan agar bisa meningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

Andri juga mendukung penuh kegiatan pasar kuliner agar bisa berkembang maju pihaknya akan dengan menganggarkan secara khusus untuk kegiatan paskul ditahun 2023 mendatang dengan memberikan fasilitas yang layak, bagi pedagang maupun pengunjung.

Lanjut Andri pihaknya mengharapkan Pemdes dalam kegiatan ini adanya kerjasama yang baik antar Karang Taruna maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar terwujudnya peningkatan dan kemajuan pelaku UMKM di desa Penggarutan. 

"Karena paskul juga bisa masuk dalam pasar desa yang bisa menjadi aset untuk sumber Pendapatan Asli Desa (PAD)," tuturnya.

Tampak kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah dengan diselingi acara pembagian berbagai hadiah doorprize dan diiringan musik organ tunggal dan seni calung Sumringah asal desa setempat yang dihadiri Kades, jajaran BPD, Perangkat Desa, Karang Taruna. TP PKK, Ketua Rt/Rw, Anggota Babinsa/Bhabinkamtibmas, Puluhan Pedagang dan Ratusan Pengunjung berlangsung debgan lancar dan aman - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Penggarutan Kembali Gelar Grand Opening Paskul Munjul Exotic Bukit Munjul

Terkini Lainnya

Iklan