iklan

Iklan

iklan

terkini

Pemdes Kalijurang Cairkan BLT-DD Sekaligus Dua Bulan

16/11/2022, 16:35 WIB Last Updated 2022-11-16T09:36:52Z

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pemerintah Desa (Pemdes) Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes kembali mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap bulan Oktober dan Nopember 2022 kepada 215 KPM di aula gedung NU Desa setempat, Rabu (16/11/2022).

Kepala Desa (Kades) Kalijurang H. Edi Riyanto mengungkapkan pencairan BLT pada hari ini sekaligus dicairkan sebanyak 2 tahap/bulan sebesar Rp 600 ribu per KPM sehingga anggaran Dana Desa (DD) 2022 yang dialokasikan untuk penanganan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di desanya tinggal satu tahap/bulan lagi di bulan Desember.

"Anggaran DD 2022 yang dialokasikan penanganan masyarakat Desa Kalijurang yang terdampak pandemi Covid-19 penyerapannya telah dicaikan semua kepada 215 KPM dengan lancar tanpa ada pemotongan apapun namun pencairannya masih menyisakan satu kali tahap/bulan lagi nanti di bulan Desember," kata Edi.

Kali ini kata Edi, sekaligus mensosialisasikan terkait pencairan BLT DD tahun 2023 yang masih dilanjut termasuk adanya pengurangan kuota penyerapan anggaran DD sehingga pihak Pemdes akan melakukan verifikasi ulang dengan mendata sejumlah KPM sesuai dengan alokasi penyerapan anggaran sebesar 15 prosen.

"Anggaran BLT DD 2023 mendatang jumlah KPM yang berhak menerima di Desa Kalijurang jumlahnya akan berkurang karena pada penanganan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 berupa BLT DD di tahun 2023 nanti terkait alokasi untuk penyerapannya ditentukan minimun 15 prosen,"  tuturnya.

Edi menambahkan dengan adanya pengurangan jumlah penerima BLT DD tersebut diharapkan masyarakat penerima manfaat nanti jangan komplain dan merasa kecemburuan sosial yang berlebihan."Karena ini semuai ini bukan aturan atau kebijakan dari Pemdes, namun dari Pemerintah Pusat," pungkasnya.

Giat pencairan BLT DD tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Pendamping desa, perwakilan Forkopimcam Tonjong, Petugas penndamping, Perangkat Desa, anggota Babinsa/Bhabinkamtibmas dan ratusan penerima program BLT sebanyak 215 KPM berlangsung tertib, lancar dan kondusif.(imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Kalijurang Cairkan BLT-DD Sekaligus Dua Bulan

Terkini Lainnya

Iklan