Scroll ke Atas
Berita Utama

Masjaka Motor Penggerak Masyarakat Pentingnya Kebersihan dan Mejaga Sungai

23
×

Masjaka Motor Penggerak Masyarakat Pentingnya Kebersihan dan Mejaga Sungai

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Memasuki musim penghujan, masyarakat Brebes bergotong royong membersihkan sungai. Mereka yang berasal dari berbagai kalangan (penthahelix) serentak memotong ilalang, enceng gondok, sampah dan lain-lain yang diharapkan, bisa memperlancar arus sungai sehingga tidak terjadi banjir. Untuk itu, perlu langkah kongkrit dengan intensif berkordinasi dengan Pentahelik dan seluruh pemangku kepentingan. 
Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti saat membuka kegiatan normalisasi dan bersih sungai dibantaran Kali Babakan, Desa Cimohong, Jum’at (11/11/2022).
Idza mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Kelompok Peduli Sungai (KPS) dan Masyarakat Jaga Kali (Masjaka) yang dinilai telah sukses menjadi motor penggerak dalam menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan sungai dan menjaga kelestarian lingkungan.
Idza mengatakan banjir sering terjadi karena luapan air sungai akibat curah hujan tinggi karena sungai dangkal. Sungai menjadi dangkal akibat oleh sampah dan endapan matrial sungai yang semakin banyak sehingga sungaipun menyempit. 
“Ilalang yang tumbuh di sepanjang aliran sungai, tentu bisa mengakibatkan air tidak bisa mengalir lancar hingga muara, ke laut,” ujar Idza.
Idza berharap dengan kegiatan bersih-bersih sungai dan normalisasi dapat mengalirkan air sungai dengan lancar hingga ke muara, artinya banjir bisa dicegah.
Ketua KPS Masjaka Mafudin menjelaskan, kegiatan bersih sungai dan normalisasi sungai Babakan yang ada di Desa Cimohong hingga Krakahan akan dilaksanakan selama 30 hari. 
Aksi ini sebagai wujud sumbangsih masyarakat dalam momentum Hari Pahlawan 2022 yang melibatkan berbagai unsur Penthahelix.
Mahfudin berharap, langkah kecil ini dapat meminimalisir terjadinya banjir disepanjang aliran sungai Babakan yang selalu terjadi setiap musim penghujan tiba.
Mahfudin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah banyak membantu dan merespon cepat segala usulan yang terkait dengan pencegahan banjir di Kabupaten Brebes.
Tampak dalam giat tersebut hadir Kepala OPD di lingkungen Pemerintah Kabupaten Brebes, tokoh masyarakat Desa Cimohong DR (HC) Muhadi Setyabudi, Kepala Desa Cimohong dan Krakahan, Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung, seluruh anggota Kelompok Peduli Sungai (KPS) Masyarakat Jaga Kali (Masjaka) dan undangan lainnya – (imam)

Baca Juga :  Bazar UMKM Bakulers Desa Panggarit, Pemalang