Scroll ke Atas
Berita Utama

Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, Kodim 0726/Sukoharjo menggelar Seni Budaya Pencak Silat dengan menggandeng Dispora Kabupaten Sukoharjo dan IPSI Kabupaten Sukoharjo, Selasa (15/11/22).

39
×

Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, Kodim 0726/Sukoharjo menggelar Seni Budaya Pencak Silat dengan menggandeng Dispora Kabupaten Sukoharjo dan IPSI Kabupaten Sukoharjo, Selasa (15/11/22).

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, SUKOHARJO – Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, Kodim 0726/Sukoharjo menggelar Seni Budaya Pencak Silat dengan menggandeng Dispora Kabupaten Sukoharjo dan IPSI Kabupaten Sukoharjo, Selasa (15/11/22).
Digelar di ruang serbaguna (Lapangan Bulu Tangkis) Makodim 0726/Sukoharjo, Gelar seni budaya Pencak Silat ini didahului dengan Upacara dan pengucapan Ikrar dari para pesilat dilanjutkan dengan pananda tanganan Ikrar dengan membawa semangat para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan dan membela NKRI serta menjaga keamanan dan ketentraman serta persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Sukoharjo.
Semua peserta menirukan Ikrar yang dibacakan oleh Perwakilan, yang berbunyi;
Ikrar Pesilat
Kami Pesilat Se-Kab. Sukoharjo Berikrar :
1. Setia Kepada Pancasila Dan Undang-Undang Dasar 1945
2. Siap Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Demi Keutuhan Nkri
3. Siap Mengisi Kemerdekaan Dan Meneruskan Perjuangan Para Pahlawan Bangsa
4. Siap Membina Hubungan Baik Antar Perguruan Silat.
5. Siap Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Di Wilayah Kab. Sukoharjo
Hadir dalam penandatanganan Ikrar Dandim 0726/Sukoharjo letkol Czi Slamet Riyadi, S.E, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan SIK M.PICT M.Krim, Kadispora Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, S.SOS., MH., Pembina IPSI KAbupaten Sukoharjo Wiwaha Aji Santoso, S.Pd, Ketua Ipsi Kabupaten Sukoharjo Drs. H. Wiyono serta Perwakilan dari yang Tertua dari 18 Perguruan silat yang hadir saat itu.
Adapun dari 18 Perguruan Silat yang hadir adalah Tapak Suci, PSHT, PSHT PM, Perisai Diri, Persinas Asad, Merpati Putih, Pagar Nusa, IKSPI Kera Sakti, Tapak Manunggal, PSTD Pancasila, PRSH, Ki Ageng Pandanalas, PSH Pilangbangau, PSHW TM, Cempaka Putih, Bintang Surya.
“Kami pihak Kodim 0276/Sukoharjo berinisiatif untuk menggelar seni budaya Pencak Silat ini, beberapa waktu yang lalu kami mengundang pihak Dispora dan Ipsi Kabupaten Sukoharjo di Makodim 0276/Sukoharjo untuk berkoordinasi bersama untuk merealisasikan event ini,” ungkap Dandim 0726/Sukoharjo.
“Kami sepakat bahwa event ini dilaksanakan hanya sebatas perform/pertunjukan seni beladiri dan tidak bersifat kompetisi, masing-masing perguruan perform dengan menampilkan ciri khas dari masing-masing Perguruan,” terang Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E.
Dalam pertunjukan seni Pencak Silat ini, sejumlah 18 Perguruan menampilkan 10 orang anggota dengan didampingi yang tertua dari masing-masing Perguruan.
” Dalam event ini kami juga menampilkan para atlit Pra Porprov yang rencananya pada tanggal 5 Desember 2022 akan maju tampil di Blora agar semakin termotivasi dan siap mental,” jelas Ketua IPSI Kabupaten Sukoharjo bpk. Drs. H. Wiyono didampingi Pembina IPSI Sukoharjo bpk. Wiwaha Aji Santoso, S.Pd.
“Event ini tidak bersifat kompetisi namun lebih merupakan komitmen kebersamaan antar Perguruan Silat untuk menjaga Kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” lanjutnya.
Sementara itu dari pihak Dispora Kabupaten Sukoharjo mewakili Pemda Sukoharjo mengungkapkan bahwa Dispora sangat mendukung dengan adanya event Seni Budaya Pencak Silat yang dilaksanakan di Kodim 0726/Sukoharjo ini.
“Jauh hari kami sudah melaksanakan pertemuan dengan Dandim 0726/Sukoharjo dan pihak IPSI dan sesepuh IPSI untuk melaksanakan koordinasi, karena ini juga membawa nama Kabupaten Sukoharjo, apalagi dengan tampilnya Tim Pra PorprovSetyo Aji Nugroho.
Terlihat selama pertunjukan dalam gelaran event Seni Budaya Pencak Silat ini, para perwakilan dari 18 Perguruan tampil bergiliran melaksanakan pertunjukan sesuai ciri khas masing-masing dengan semangat dan antusias serta membawa semangat persaudaraan.
“Semangat persaudaraan inilah yang akan kita tampilkan dalam event ini, masing-masing membawa aliran yang berbeda serta ciri khas yang berbeda dalam setiap gerakan, namun membawa semangat yang sama untuk NKRI, khususnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta memelihara kondusifitas serta keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Sukoharjo ini,” ungkap Dandim Sukoharjo.*

Baca Juga :  H-1 Pilkades Serentak 2022 di Kabupaten Brebes Petugas Gabungan Kerja Ekstra