iklan

Iklan

iklan

terkini

Audisi Duta Genre Tahun 2022 Telah Dibuka

15/11/2022, 20:20 WIB Last Updated 2022-11-15T14:09:20Z

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Plt Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos KBPP) Pemalang membuka audisi Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2022 bertempat di salah satu hotel di Pemalang, Selasa 14 November 2022.

Audisi GenRe tahun 2022 diikuti 14 pasangan remaja. Terdiri dari 28 remaja yang berasal dari masing-masing kecamatan dan 6 dari sekolahan.

Plt Kepala Dinsos KBPP Pemalang Agus Wibowo mengatakan, duta GenRe ini merupakan program kesehatan reproduksi keluarga remaja yang bertujuan untuk menciptakan remaja agar mempunyai konsep kuat terkait dengan program Keluarga Berencana (KB).

"Tujuannya agar para remaja mempunyai pengetahuan dan pengalaman sebelum menikah. Jadi setelah nanti menikah diupayakan mereka menjadi keluarga yang berencana, rencana dalam artian berapa anak yang nantinya dimiliki dan jarak antara anak pertama dan yang kedua," katanya.

Agus menuturkan, para peserta duta GenRe ini ada yang masih di SLTA dan perguruan tinggi. Diharapkan nanti mereka mengintergasikan di tempat belajarnya masing-masing.

"Sehingga nanti bisa disampaikan kepada seluruh masyarakat atau komunitas mereka tentang upaya perlunya pengendalian penduduk," tuturnya. 

Menurut Agus, penduduk di Kabupaten Pemalang ini masuk dalam lima terbesar di Jawa Tengah. Sehingga bila tidak ditata sedemikian rupa akan membebani Pemerintah Kabupaten Pemalang sendiri.

"Menurut penilaian biro statistik Provinsi Jawa Tengah nilainya mencapai 2,47 persen," terangnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) PPKB Dinas Sosial KBPP Pemalang Noor Hidayati menjelaskan, dalam seleksi duta GenRe tahun 2022, pihaknya sosialisasi disetiap kecamatan dan sekolaha sehingga mendapat peserta dari 14 kecamatan dan sekolahan. 

"Kami sosialisasikan untuk pemilihan Duta GenRe, kemudian dari peserta menyerahkan seleksi administrasi lalu kami seleksi," jelasnya. 

Sementara ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Santi Rosalia menyampaikan, dalam ajang pemilihan duta GenRe tahun 2022 di Pemalang, dirinya berharap mereka bisa menjadi perwakilan untuk mensosialisasikan kepada teman remajanya.

"Pesertanya kan dari masing-masing kecamatan. Jadi mereka bisa mensosialisasikan tentang bagaimana menjadi generasi berencana," ujarnya.

"Karena PKK berhubungan dengan keluarga dengan keberadaan duta GenRe nanti pasti PKK akan berkolaborasi untuk mengajak remaja berkreasi, berkreatifitas untuk melakukan hal yang positif," Pungkasnya.

Penulis : Sasongko 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Audisi Duta Genre Tahun 2022 Telah Dibuka

Terkini Lainnya

Iklan