Scroll ke Atas
Berita Utama

Tingkatkan Layanan Pemkab Brebes Terima Hibah Mobil Damkar

38
×

Tingkatkan Layanan Pemkab Brebes Terima Hibah Mobil Damkar

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menerima hibah satu unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diserahkan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti kepada Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Brebes Supriyadi usai apel pagi di halaman Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT), Senin (24/10/2022) pagi.
Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti mengatakan bantuan mobil Damkar ini merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagai bentuk kerja sama dan sinergitas dalam upaya peningkatan pelayanan publik, khususnya dalam urusan kebencanaan.
“Dengan penambahan armada damkar ini, tidak hanya sebagai sarana penunjang kinerja saja, namun diharapkan pelayanan kebencanaan dapat ditangani dengan cepat dan tepat untuk mewujudkan rasa aman di masyarakat,” ujarnya.
Idza mengingatkan kembali, bahwa tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran dikenal dengan Panca Dharma yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, dan penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun. 
Selain itu tugas pokok tersebut petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam yang tidak mengenal hari libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto ‘pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya. 
“Sosok petugas pemadam kebakaran telah bekerja dengan siap siaga hadir dalam penyelamatan jiwa, melakukan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih, tanpa mengharap pujian dan sanjungan, memberi pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan,” tuturnya.
Sementara Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Brebes Supriyadi menjelaskan, hibah satu unit mobil Damkar sangat membantu kekurangan armada Damkar di Kabupaten Brebes. Idealnya, Kabupaten Brebes memiliki 17 armada Damkar sehingga bisa melayani di tiap-tiap kecamatan. Namun saat ini yang dimiliki hanya 4 unit dan ditambah 1 unit dari hibah tersebut sehingga menjadi 5 unit. 
“Hibah ini akan kami gunakan dengan baik, termasuk juga perawatannya sehingga bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat,” ucap Supriyadi.
Kegiatan penyerahan Mobil Damkar hadir Sekda Brebes H. Djoko Gunawan, para Staf Ahli Bupati Brebes, Asisten Sekda, Kepala Bagian di lingkungan Sekertariat daerah, Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes Apriyanto Sudarmoko, Inspektur Kabupaten Brebes Nur Ari Haris Yuswanto serta seluruh peserta apel pagi – (imam)

Baca Juga :  Persiapan Pemilu 2024 Empat Belas Petugas Pantarlih Desa Pabuaran Salem Resmi Dilantik