iklan

Iklan

iklan

terkini

Polres Brebes Gelar Pelatihan SAR Diikuti Puluhan Personil Gabungan Dari Berbagai Instansi

27/10/2022, 14:49 WIB Last Updated 2022-10-27T07:50:57Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Puluhan personel gabungan dari instansi terkait mengikuti pelatihan penanggulangan bencana / SAR (search and rescue) yang digelar Polres Brebes di Pantai randusanga Indah, Rabu (27/10).

Tampak.pelatihan SAR gabungan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk mengatasi ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat terkait bencana alam.

Dimpimpin langsung Kabag Ops Polres Brebes AKP Dodiawan Bersama Intruktur.

Dodiawan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melatih kembali kemampuan dalam tanggap bencana.

“Kita tahu menjelang musim penghujan, banyak tempat-tempat di wilayah Kabupaten Brebes yang berpotensi banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan yang lainnya,” ujarnya.

Dodiawan meminta para relawan Sar utuk memahami prosedur penanganan bencana alam dan membantu korban bencana alam.

“Kegiatan kali ini untuk membekali Peserta dalam teknik penanggulangan bencana. Mereka harus siap saat diminta membantu saat bencana, minimal paham,” pintanya.

Lanjut, Dodiawan mengungkapkan pelatihan tersebut diikuti oleh personel gabungan, diantaranya anggota Polres Brebes, BPBD, Satpol PP, Damkar, serta relawan lainnya.

“Pelatihan tersebut meliputi SAR darat (Pemotongan kayu dan baja serta pemadaman kebakaran) dan SAR air (Cara membalik perahu, cara mendayung perahu dan  cara menolong korban tenggelam), serta pengenalan terhadap jenis dan cara penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Dodiawan juga berhgarap dengan pelatihan ini kita memiliki kemampuan SAR yang baik, dapat membantu masyarakat mengurangi fatalitas, mengurangi jumlah korban, baik jiwa maupun harta benda. - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Brebes Gelar Pelatihan SAR Diikuti Puluhan Personil Gabungan Dari Berbagai Instansi

Terkini Lainnya

Iklan