iklan

Iklan

iklan

terkini

Meningkatkan Layanan kepada Petani, Pemkab Tubaba Lampung Membentuk KPB Center dan Mobil Pelayanan Keliling

15/10/2022, 17:19 WIB Last Updated 2022-10-15T10:25:46Z
EMSATUNEWS.CO.ID, TUBABA - Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung, membentuk KPB Center dan Mobil Pelayanan Keliling sebagai bagian dari percepatan implementasi program Kartu Petani Berjaya (KPB) berbasis elektronik (e-KPB) yang merupakan program unggulan Pemprov Lampung. 

Program Kartu Petani Berjaya (KPB) adalah suatu program yang menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama. Stakeholders yang tergabung antara lain petani, pemerintah daerah, perbankan, distributor pupuk, kios alsintan, termasuk perusahaan asuransi. Petani dapat menjadi anggota KPB dan menikmati layanan online melalui aplikasi smartphone, misalnya dalam proses penebusan pupuk bersubsidi.

Kepala Dinas Pertanian Tubaba, Reni Dewi Rafia menjelaskan di Panaragan, Jum’at (14/10), saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba telah melaksanakan beberapa langkah untuk percepatan implementasi program KPB. Selain membentuk KPB Center dan mengoperasikan Mobil Pelayanan Keliling, pihaknya terus berupaya memaksimalkan sumber daya yang ada di Dinas Pertanian setempat dalam rangka pemanfaatan KPB bagi petani.

Dijelaskannya, layanan Mobil KPB Keliling merupakan cara untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk para petani yang tinggal di wilayah bagian Utara kabupaten yang dipisah oleh sungai Tulang Bawang.

Sementara, KPB Center yang berlokasi di Panaragan Jaya, difungsikan sebagai pusat konsultasi pertanian secara umum, terutama pelayanan informasi dan konsultasi tentang Program KPB.

Saat ini sebanyak 26.139 petani di Kabupaten Tulang Bawang Barat sudah teregistrasi sebagai anggota program KPB, dan NIK para para petani tersebut terintegrasi dengan data base Disdukcapil. 

Syarat menjadi anggota KPB adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani dan terdaftar di Sistem Informasi Penyuluh Pertanian (Simluhtan). 

Manfaat program KPB bagi petani antara lain mendapat kepastian ketersediaan sarana produksi seperti pupuk bersubsidi, pupuk nonsubsidi, benih, obat obatan. 

Selain itu melalui program tersebut petani mendapatkan kemudahan akses permodalan dari bank atau lembaga keuangan lainnya yang sah, seperti kemudahan pengajuan KUR dari bank Himbara.

Selanjutnya, petani mendapatkan perlindungan usaha petani dari resiko, melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Kemudian, petani mendapatkan fasilitasi sosial program pemerintah maupun swasta, misalnya beasiswa anak petani.

Petani juga mendapatkan pembinaan, baik budidaya, teknologi maupun hilirisasi dari tenaga ahli.(tyo)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Meningkatkan Layanan kepada Petani, Pemkab Tubaba Lampung Membentuk KPB Center dan Mobil Pelayanan Keliling

Terkini Lainnya

Iklan