iklan

Iklan

iklan

terkini

Kapolres Pekalongan Hadiri Kirab Kebangsaan Merah Putih

07/10/2022, 19:32 WIB Last Updated 2022-10-07T12:41:33Z

EMSATUNEWS.CO.ID, PEKALONGAN – Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria menghadiri kegiatan Kirab Kebangsaan Merah Putih yang dilaksanakan di Pendopo lapangan Mataram Kota Pekalongan, Jum'at (7/10/2022).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77. Pemerintah Kota Pekalongan bersama jajaran TNI dari semua angkatan TNI Darat, TNI Udara, dan TNI Laut se-Pantura, jajaran Polri se-Pantura, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekalongan, tokoh agama dan masyarakat, para pelajar serta santri mengikuti apel dan Kirab Kebangsaan Merah Putih.

Peserta yang mengikuti kirab merah putih membawa sejumlah atribut, berciri khas merah putih membawa bendera merah putih. Untuk start dari lapangan Mataram mengitari Jalan Wilis-Jalan Sriwijaya-Jalan Slamet-Jalan Kurinci-dan finish kembali di Lapangan Mataram. Bendera merah putih sepanjang 150 meter yang dibawa peserta kirab juga turut memeriahkan kirab tersebut.

Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Infanteri Yuda Airlangga mengungkapkan bahwa, kirab merah putih dalam rangka memperingati HUT TNI ke 77 di Pekalongan terasa sangat spesial sekali. Dalam kegiatan ini juga, didampingi dari Polri serta seluruh angkatan baik darat, laut, dan udara yang berada di Pantura Pekalongan.

"HUT TNI ke-77 di Kota Pekalongan ini sangat spesial, karena kegiatan ini diselenggarakan oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Pemda yang menyiapkan semuanya, bukan TNI," ucap Kolonel Infanteri Yuda Airlangga.

Menurutnya, kegiatan ini adalah bentuk perwujudan TNI adalah kita, masyarakat, dan Pemda Pekalongan yang menyelenggarakan HUT TNI ke-77. Lanjutnya, kirab merah putih di Kota Pekalongan ini tidak ada di kota lain, karena yang menyelenggarakan ini adalah masyarakat.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini, ke depan TNI, Polri dan masyarakat tetap solid untuk mendukung pembangunan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kesempatan itu pula, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengucapkan Dirgahayu TNI ke-77 yang berulang tahun pada 5 Oktober lalu. Aaf, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa, Peringatan HUT TNI ke-77 ini dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat merupakan bantuk kepedulian bersama untuk bersatu padu merayakan HUT TNI ke-77 di Kota Pekalongan.

"Kami tidak rela apabila institusi TNI, Polri, Pemerintah masih diserang, kalau ada kesalahan individu atau kekurangan, silahkan diproses sesuai hukum instansi masing-masing. Jangan serang institusinya. Kita harus tetap solid dan tetap mendukung TNI, karena TNI lahir dari rakyat," terangnya.

Apel dan Kirab Kebangsaan Merah Putih juga dihadiri Irwasda Polda Jateng, Kombes Pol Untung Sudarto, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi, Dandim dan Kapolres se-Pantura, Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin, masing-masing beserta istri, para Kepala OPD terkait dan tamu undangan lainnya.(*)

Editor : Eva A
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Pekalongan Hadiri Kirab Kebangsaan Merah Putih

Terkini Lainnya

Iklan