iklan

Iklan

iklan

terkini

Inilah Tips Biar AC Awet Bertahun-tahun

24/10/2022, 14:21 WIB Last Updated 2022-10-24T07:27:51Z

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/meja-lampu-dapur-plafon-7534273/

Tinggal di negara tropis dengan suhu udara yang cenderung sering panas membuat pendingin ruangan menjadi salah satu barang penting untuk kenyamanan dan rasa sejuk. Akan tetapi, penggunaan AC yang berlebihan sering membuatnya cepat rusak. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips AC awet meskipun digunakan lama selama bertahun-tahun.

5 Tips Biar AC Awet Bertahun-tahun

Penggunaan dan perawatan AC yang tepat membuat Anda dapat menghemat pengeluaran. AC yang cepat rusak tentunya membuat pengeluaran Anda bertambah. Berikut tips AC awet tahan lama yang perlu Anda ketahui.

1. Menggunakan Timer

Fitur timer saat menyalakan AC membuatnya bisa mati secara otomatis pada waktunya. AC sebaiknya digunakan maksimal 5 jam dalam satu kali pemakaian, setelah itu biarkan mesin beristirahat agar bisa kembali bekerja dengan baik. 

Ada baiknya jika tidak terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Pengaturan suhu di bawah 22 derajat celcius bisa membuat mesin AC cepat panas.

2. Bersihkan Filter dan Kondensor AC

Agar AC tahan lama Anda perlu membersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Debu yang menumpuk pada filter bisa menghalangi aliran udara dan membuat fungsi AC terganggu serta cepat rusak. 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kumparan AC setiap tahun, sebab debu juga sering menumpuk pada bagian ini. Debu pada kumparan bisa mengurangi kemampuan AC untuk menyerap panas. Hal tersebut dapat membuat beban AC bertambah dan menimbulkan korsleting. 

Anda bisa mencuci AC secara rutin menggunakan layanan jasa pinhome yang bisa didapatkan di Blibli. Layanan tersebut sangat membantu dalam mengatasi permasalahan dan perawatan AC. Dengan demikian Anda tidak perlu repot lagi untuk membersihkan AC sendiri. Pinhome akan datang ke rumah Anda.

3. Pemeriksaan Thermostat 

Pemeriksaan thermostat ini bertujuan untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga suhu di ruangan tetap stabil. Anda bisa mengatur termostat dengan temperatur yang lebih tinggi saat rumah sedang tidak banyak orang, atau bisa juga dimatikan jika rumah dalam keadaan kosong.

4. Pemeriksaan Kipas

Anda juga perlu memeriksa kipas yang tepasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas tersebut dalam keadaan baik. Anda perlu mengganti pisau kipas tersebut jika terdapat retakan atau pecahan.

5. Pemeliharaan Rutin

Salah satu cara merawat AC agar awet adalah dengan servis setidaknya 3 bulan sekali. Perawatan AC secara rutin tersebut bisa membuatnya lebih awet bahkan hingga bertahun-tahun. Layanan service AC secara berkala ini dapat membantu Anda memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil. Selain itu, dapat menghindari Anda dari pengeluaran besar pada AC.

Bagi Anda yang menggunakan AC portable, AC tersebut juga perlu dirawat agar tetap dingin.

Cara Merawat AC Portable

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat AC portable agar dingin dan tahan lama:

  • Bersihkan bagian luar AC menggunakan cairan khusus pembersih AC.

  • Bersihkan saluran udara pada AC dari debu atau serangga minimal seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner. 

  • Jika keadaan AC portable sangat kotor, Anda bisa membersihkannya dengan cara merendamnya menggunakan air hangat dengan suhu tidak lebih dari 40 derajat Celcius.

Tips AC awet tersebut dapat Anda aplikasikan sehari-hari. Merawat AC adalah sebuah keharusan jika ingin AC bisa awet hingga bertahun-tahun. Selain menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering-sering mengganti AC, perawatan secara rutin juga dapat menghemat penggunaan listrik.*
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inilah Tips Biar AC Awet Bertahun-tahun

Terkini Lainnya

Iklan