Scroll ke Atas
Berita Utama

Hari Kesaktian Pancasila Dandim Boyolali Ingatkan Kita Jangan Melupakan Sejarah

31
×

Hari Kesaktian Pancasila Dandim Boyolali Ingatkan Kita Jangan Melupakan Sejarah

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BOYOLALI – Kodim 0724/Boyolali melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Makodim, Jl. Pandanaran Desa Tegalmulyo Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Sabtu ( 01/10/22)
Upacara tersebut dipimpin oleh Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. diikuti oleh seluruh anggota Kodim, jajaran Koramil serta perwakilan dari masyarakat Boyolali.
Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. menuturkan Upacara tersebut diselenggarakan tiap tanggal 1 Oktober tepat pada hari Kesaktian Pancasila, guna mengenang, menghormati para pahlawan revolusi yang sudah lebih dulu berjuang untuk kemerdekaan negara kita.
“Pelaksanaan upacara ini sebagai perwujudan selaku anak bangsa yang menyadari bahwasanya pada tahun 1965 silam terjadi peristiwa nasional di mana ada upaya-upaya untuk mengubah ideologi Pancasila,” papar Dandim
Lebih lanjut, Dandim menuturkan kita tidak boleh lengah karena hal ini salah satu bahaya laten. Untuk itu kita harus menumbuhkan sikap mawas diri. Apalagi bangsa saat ini tengah menghadapi berbagai permasalahan,  tak terkecuali pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia.
“Ideologi Pancasila adalah harga mati, tidak bisa ditawar sebagai ideologi bangsa Indonesia. Ini sebagai wujud kita menghargai jasa pahlawan Indonesia yang telah menumpahkan darah juga bertaruh nyawa dalam perjuangannya mempertahankan ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia,” tutur Dandim
Ia menjelaskan, seperti diketahui bersama  bahwa bangsa Indonesia sangat luas, terdiri dari berbagai suku, agama, adat-istiadat dan juga budaya dibandingkan negara lain. Untuk itulah, Pancasila sebagai dasar negara menjadi pondasi dasar dalam mempersatukan bangsa dengan mengedepankan Bhineka Tunggal Ika.
Jadikan Pancasila sebagai pandangan untuk mempedomani sosialisasi kita berbangsa dan mengembangkan Indonesia lebih maju. Jangan pernah melupakan sejarah, karenanya dari perjuangan jasa pahlawan terdahulu tersebut manfaatnya bisa kita rasakan sampai saat ini,” pungkas Dandim.
Salah satu perwakilan warga Boyolali Faiz(44) juga menuturkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia yang tak boleh dilupakan, dan tak lupa doakan para pahlawan revolusi yang turut berjasa membangun negeri ini serta bagi para pemuda pemudi wajib meneladani makna dari Hari Kesaktian Pancasila dengan turut serta membantu pemerintah dalam hal pembangunan dengan kemampuan yang kita miliki.*
Sumber: pendim Boyolali

Baca Juga :  Pemdes Galuhtimur Tonjong Saluran BLT DD 2022 Tahap Ke 12 Kepada 189 PKM dan Dilanjut BLT DD Tahun 2023 Namun Jumlah PKM di Kurangi