iklan

Iklan

iklan

terkini

Dalam Musdes Penetapan RKPDes 2023 Pemdes Kretek Paguyangan Fokus Kepada Peningkatan Ketahan Pangan Masyarakat

11/10/2022, 19:28 WIB Last Updated 2022-10-11T12:29:59Z
 
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bertempat di GOR Desa Kretek, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Pemerintah Kecamatan Paguyangan bersama instansi terkait melakukan monitoring Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) TA. 2023, Selasa (11/10/2022) siang.

Tampak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) melaksanakan Musdes guna membahas, menetapkan dan mengesahkan RKPDesa Tahun Anggaran 2023.

Dalam kegiatan ini dihadiri Camat, Kasie PMD ,anggota Anggota fraksi PKB DPRD Brebes, anggota Bhabinkamtibmas, Jajaran Pemdes Kretek, Ketua BPD, LPMD, BUMDes, Ketua RT/RW, TP. PKK, Bidan Desa, Karangtaruna, KPMD, Kader Kesehatan Desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Kegiatan tersebut membahas dan mengesahkan RKPDesa TA. 2023 yaitu rancangan kegiatan pembangunan pada tahun 2023 dan sebagai acuan untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) TA. 2023.

Musdes ini merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Kepala Desa (Kades) Kretek Akhya melalui Sekdes Edi Setiabudi mengatakan hasil kesepakatan bersama penetapan RKPDes untuk tahun 2023 mendatang difokuskan untuk peningkatan ketahanan pangan dengan menyalurkan modal usaha kepada BUMDes Subur Makmur sebesar Rp 500 juta dan guna menggiatkan dalam pengembangan UMKM di wilayahnya pasalnya permodalan usaha yang diikelola BUMDes saat ini sudah mulai berkembang pesat 

Lanjut Edi Pemdes berupaya meningkatkan ketahanan pangun juga masih dalam penanganan keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdapak pandemi Covid-19 namun ditahun anggaran 2023 mendatang penyaluran BLT DD akan adanya pengurangan menjadi 10-15 persen. 

"Penyaluran 10-15 prosen Pemdes akan kembali melakukan verifikasi data berbasis SDGs yang dikatagorikan layak menerima BLT dari dana desa," tuturnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dalam Musdes Penetapan RKPDes 2023 Pemdes Kretek Paguyangan Fokus Kepada Peningkatan Ketahan Pangan Masyarakat

Terkini Lainnya

Iklan