Scroll ke Atas
Berita Utama

Tingkatkan Skil Personel, Bakamla RI Gelar Latihan SAR di Perairan Manado

41
×

Tingkatkan Skil Personel, Bakamla RI Gelar Latihan SAR di Perairan Manado

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, MANADO – Guna meningkatkan kemampuan personel, Direktorat Latihan Bakamla RI menggelar latihan kesiapan Search And Rescue (SAR) pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban kecelakaan laut di Pantai Malayayang, Perairan Manado. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, Senin (10/10/2022).
Laksma Bakamla Suwito didalam sambutan pembukaan mengatakan kegiatan utama dari pencarian dan pertolongan pada hakikatnya merupakan kegiatan yang meliputi segala upaya dan usaha pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan pengevakuasian manusia dari segala kecelakaan, baik dalam kecelakaan penerbangan, pelayaran dan bencana.
“Diharapkan kepada seluruh peserta latihan, manfaatkan kesempatan ini, perhatikan keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan latihan dilapangan, patuhi semua instruksi yang disampaikan oleh para instruktur,” ujar Laksma Bakamla Suwito.
Pelatihan ini dilakukan dalam skala besar karena melibatkan stakeholder terkait. Adapun yang terlibat selain personel Bakamla yakni TNI AL, Polair, Basarnas, KPLP, KKP dan Bea Cukai.
Latihan akan berlangsung 10 s.d 14 Oktober 2022 dan kegiatan diawali dengan pembekalan teori di kelas yang kemudian dilanjutkan praktek lapangan di Pantai Malayayang, Perairan Manado. Selain teori, peserta juga mendapatkan pembelajaran seperti mekanisme SAR, pertolongan pertama pada kecelakaan baik ringan maupun berat, penyiapan logistik dalam operasi SAR serta evaluasi korban di laut.(*/red)

Baca Juga :  Babinsa Kemlayan Pantau Keramaian di Batik Danar Hadi