iklan

Iklan

iklan

terkini

67 Warga di Desa Kabunan Terima Bantuan Jamban Keluarga

05/10/2022, 12:10 WIB Last Updated 2022-10-05T11:25:24Z
EMSATUNEWS.CO ID, PEMALANG - Sebanyak 67 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kabunan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang mendapatkan bantuan jamban keluarga dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di tahun 2022 ini.

Menurut Kepala Desa Kabunan, Kusnanto, bantuan jamban keluarga dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini merupakan bantuan stimulan yang berwujud material. Bantuan tersebut diterima Desa Kabunan dari hasil pengajuan yang dilakukan Pemerintah Desa Kabunan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di tahun 2021.

Dari pengajuan itu kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan melakukan peninjauan atau pendampingan langsung ke Desa Kabunan yang out putnya berupa pembangunan jamban keluarga. Pihaknya pun bersyukur pengajuan bantuan tersebut dapat terealisasi di tahun 2022 ini.

"Bentuk bantuan itu adalah bantuan stimulan yang mana bantuan tersebut berupa material ataupun barang dengan item-item diantaranya berupa 7 sak semen, 1 buah closet, 2 pipa paralon PVC ukuran 3 inch, 1 pipa paralon PVC ukuran 3 seperempat inch. Kemudian 4 batang besi dengan ukuran 8 milimeter dan 1 buah keni. Adapun material-material tersebut akan kami dropping ke masing-masing KPM yang tersebar di desa kami," ujar Kusnanto di ruang kerjanya, Rabu (5/10).

Kusnanto berharap dengan adanya bantuan tersebut, warga penerima manfaat akan segera membangunnya sehingga jamban bisa dapat digunakan. Dalam pembangunannya, kata dia, warga penerima manfaat akan membayar upah tenaga kerja dengan menggunakan biaya secara mandiri.

"Tenaga kerja secara mandiri oleh penerima manfaat. Dan juga penggalian sepiteng juga dari keluarga penerima manfaat," tukas Kusnanto seraya menambahkan bahwa penerima bantuan ini adalah warga pra sejahtera yang belum memiliki jamban atau WC dan ada kesanggupan untuk membangun jamban tersebut.

Penulis : Yanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 67 Warga di Desa Kabunan Terima Bantuan Jamban Keluarga

Terkini Lainnya

Iklan