iklan

Iklan

iklan

terkini

Wujudkan Pelayanan Prima Muflikhin Berharap PDAM Cabang Brebes Selatan Terbentuk

23/09/2022, 06:02 WIB Last Updated 2022-09-22T23:08:11Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dalam rangka mewujudkan pelayanan yang optimal terhadap pelanggan di wilayah Brebes selatan, Kepala Induk Kota Kecamatan (IKK) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Baribis Unit Bumiayu Muflikhin dorong terbentuknya PDAM Cabang di Kecamatan Bumiayu.

Muflikhin berharap Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tetang syarat pembentukan PDAM Cabang yang sudah dihapus untuk ditinjau ulang atau kalau boleh diterapkan kembali. Dimana dalam perda lama ada aturan yang membolehkan pembentukan PDAM Cabang dengan syarat pelanggan sudah mencapai 5 ribuan. Hal tersebut Ia sampaikan pada awak media dari DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Brebes, saat dikunjungi di ruang kerjanya. Kamis, 22 September 2022.

Muflikhin membeberkan di IKK Unit Bumiayu sendiri pelanggan sudah mencapai sekitar 7 ribuan, belum di IKK Paguyangan, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung dan Salem ini sudah cukup memenuhi syarat untuk terbentuknya PDAM Cabang.

"PDAM Cabang adalah satuan kerja PDAM yang terdapat di kecamatan dimana didalamnya terdapat manajemen dan Instalansi Pengolahan Air (IPA) sendiri, artinya memiliki Otoritas untuk di kelola mandiri atau secara otonomi kewilayahan," terangya.

Muflikhin juga mempertimbangkan bilamana Saluran Pipa Air Minum (Spam) Tuk Uleng Tiiga sudah beroprasi, dimana Spam Uleng Tiga memiliki jaringan yang sangat rumit dan lebih moderen. Maka penanganan IPAnya pun harus ekstra cepat dengan peralatan yang sudah tersedia, kalau harus ke Brebes atau kantor pusat tentunya akan banyak menyita waktu karena jaraknya yang jauh.

Seperti gambaran di Kecamatan Bantarkawung baru 4% masyarakat yang mendapat menikmati air bersih, dimana debit air dari sumbernya Cihirup hanya 8-10 liter/detik. Dengan jumlah sasaran penerima sekitar 30 ribu Kepala Keluarga (KK) baik yang berasal dari pamsimas maupun PDAM, namun pelanggan tidak semuanya dapat terpenuhi apalagi di saat musim kemarau. Untuk itu dengan adanya Spam Tuk Uleng Tiga diharapkan mampu mencukupi kebutuhan air minum bagi masyarakat di wilayah Bantarkawung.

"Harapan saya mudah-mudahan dengan terbentuknya PDAM Cabang Tirta Baribis di Brebes selatan diharapkan nantinya akan dapat memberikan dampak yang lebih baik, dimana pelayanan PDAM lebih lebih cepat, tepat dan optimal," Pungkasnya. -(yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujudkan Pelayanan Prima Muflikhin Berharap PDAM Cabang Brebes Selatan Terbentuk

Terkini Lainnya

Iklan