iklan

Iklan

iklan

terkini

Wacana Pemekaran Kabupaten Brebes Selatan Digaungkan Kembali Setelah Serahkan Dokumen Kelengkapan DOB Ke Pemprov Jateng

08/09/2022, 08:40 WIB Last Updated 2022-09-08T01:40:15Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Wacana pemekaran Brebes Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) kembali digaungkan setelah Tim Dewan Presidium Pemekaran melakukan penyerahan kekengkapan atau kekurangan dokumen sebagai persyaratan pembentukan DOB Kabupaten Brebes Selatan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) belum lama ini.

Salah satu Dewan Presidium drh. H. Agus Sutrisno, MSi menjelaskan terkait penyerahan kelengkapan berkas/dokumen pemekaran tersebut sebelumnya pada tahun 2019 lalu telah diserahkan ke Gubernur Jateng. Namun, dokumen tersebut masuk dan mendapat koreksi total dari gubernur dan dinilai belum lengkap atau masih ada kekurangan dokumen yang harus dipenuhi, maka gubernur membuat surat kepada Bupati Brebes untuk segera menyusun kembali kelengkapan sebanyak 73 dokumen administrasi yang harus segera dilengkapi, termasuk pembuatan Peta Batas Wilayah Kabupaten, sehingga Dewan Presidium Pemekaran bersama Pemkab Brebes berupaya dengan menguras tenaga, waktu dan anggaran yang cukup lumayan besar.

"Al hasil selama 2 tahun ini perjuangan kita bersama Bupati Brebes/pemkab Brebes alhamdulillah semua kekurangan kelengkapan dokumen tersebut akhirnya dirampungkan dan bisa menyelesaikan kelengkapan/ kekurangan sebanyak 73 dokumen tersebut," jelas Agus ditemui di kediamannya Rabu (7/9/2022) malam.

Agus mengatakan hari Senin (5/9) kemarin tim Dewan Presidium pemekaran telah menyerahkan hasil kelengkapan Berkas persyaratan tersebut kepada Pemprov Jawa Tengah, melalui Biro Pemerintahan Otonomi Daerah. Penyerahan dokumen tersebut, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

"Selanjutnya diharapkan gubernur segera untuk mengajukan kepada DPRD Provinsi Jateng guna secepatnya diparipurnakan," ucap Agus yang mantan anggota F Partai Golkar DPRD Brebes.

Agus mengungkapkan, pihaknya atas nama Dewan Presidium Pemekaran Kabupaten Brebes Selatan menyampaikan terima kasih kapada bupati dan Sekda maupun jajaran Pemkab Brebes yang telah ikut bekerja keras menyelesaikan pemenuhan kelengkapan persyaratan administratif yang cukup banyak itu.

Tambah Agus tim Presidium
Dewan Presidium yang terdiri 5 orang diantaranya drg. Rozikin, SH, H. Faris Sulhaq, SH, H. Karim Nagib, drh. H. Agus Sutrisno, M.Si dan Moh. Sobir telah menyerahkan Dokumen secara langsung ke pejabat di Bagian Pemerintahan Pemkab. Brebes kepada Biro Otda Pemprov Jateng.

"Mohon dukungan dan doanya kèpada semua masyarakat Brebes Selatan, agar kita tetap diberikan kemudahan dalam perjuangan menjadikan Wilayah Brebes Selatan terwujud Daerah Otonomi Baru sendiri," pungkas Agus.

Sementara wacana pemekaran Kabupaten Brebes selatan dengan memiliki 93 desa di 6 wilayah kecamatan yaitu Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung dan Salem. ini aspirasi masyarakatnya konon telah digaungkan sejak lama sekitar tahun 1960-an silam - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wacana Pemekaran Kabupaten Brebes Selatan Digaungkan Kembali Setelah Serahkan Dokumen Kelengkapan DOB Ke Pemprov Jateng

Terkini Lainnya

Iklan