iklan

Iklan

iklan

terkini

PWI Jateng Ajak BI Bersinergi Tingkatkan Kualitas SDM Wartawan

12/10/2022, 20:44 WIB Last Updated 2022-10-12T19:04:49Z
EMSATUNEWS.CO.ID, SEMARANG - Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah Amir Machmud NS bersama rombongan melakukan anjangsana ke kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng di Semarang pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Kedatangan mereka mengajak Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah untuk bersinergi dalam berbagai program kegiatan yang menyangkut peningkatan kualitas SDM wartawan.

Salah satu program tersebut adalah penyelenggaraan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang menjadi program utama Bidang Pendidikan PWI Jateng.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS mengatakan, PWI Jateng sering menyelenggarakan UKW bekerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan PT Semen Gresik, SKK Migas Jabanusa, Diskominfo Provinsi Jawa Tengah dan Dewan Pers.

"Dalam ujian kompetensi wartawan itu juga bisa diisi semacam workshop bagi wartawan tentang tugas-tugas Bank Indonesia," imbuh Amir Machmud.

Bersamaan dengan ini, lanjut Amir, PWI Jateng juga mengajak Bank Indonesia Perwakilan Semarang untuk ikut serta dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah, salah satunya seminar UMKM.

"Peringatan HPN 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dipusatkan di Semarang, monggo silahkan Bank Indonesia bisa ikut juga dalam kegiatan seperti salah satunya ada seminar tentang UMKM," terangnya.
 
Dikatakan, HPN 2023 di Jawa Tengah mengambil tema Goes to Campus, yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti dialog empat rektor, dialog pers edukatif menuju tahun politik 2024, seminar UMKM, dialog kebangsaan dan kegiatan lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menyambut baik audiensi yang dilakukan PWI Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, media memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, salah satunya dalam pengendalian inflasi.

"Kaitannya dengan inflasi yang, media memiliki peran dalam mengarahkan opini publik atau masyarakat melalui pemberitaan," tuturnya.

Inflasi selalu dipengaruhi oleh terjadinya lonjakan harga berbagai komoditas pangan. Media dinilai berperan besar dalam mempengaruhi opini masyarakat agar tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan sehingga inflasi bisa lebih terjaga.

Selain itu media juga ikut berperan dalam menjaga ekspektasi masyarakat yang positif terhadap perekonomian ke depan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Firdauz Muttaqin menambakan, setiap tahun Bank Indonesia di daerah ada program pelatihan terhadap wartawan yang biasa bertugas melakukan liputan kegiatan Bank Indonesia.

"Nanti kita lihat untuk program pelatihan wartawan ini disinergikan ke dalam program ujian kompetensi wartawan," tambahnya.

Pihaknya juga berharap Bank Indonesia nantinya bisa bersinergi dalam kegiatan HPN 2023 untuk pemberdayaan UMKM di Jawa Tengah. (*/red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PWI Jateng Ajak BI Bersinergi Tingkatkan Kualitas SDM Wartawan

Terkini Lainnya

Iklan