Scroll ke Atas
Berita Utama

Pemdes Wanatirta Paguyangan Gencar Giat Kemanusiaan Dengan Donor Darah Secara Rutin Tiap Tiga Bulan

32
×

Pemdes Wanatirta Paguyangan Gencar Giat Kemanusiaan Dengan Donor Darah Secara Rutin Tiap Tiga Bulan

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah Desa (Pemdes) Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes bekerjasama dengan PMI cabang Brebes, dengan menggandeng Dinas  Kesehatan (Puskesmas) Winduaji dan Forkopimcam Paguyangan menggelar donor darah di aula kantor desa setempat, Selasa (6/9/2022).
Camat Paguyangan Husni Pramono yang memantau  kegiatan menyampaikan apresiasi  terhadap puluhan warga desa Wanatirta  yang antusias hadir untuk mendonorkan darahnya secara  sukarela untuk kepentingan kemanusiaan.
“Meskipun setetes Darah pendonor, bisa bermanfaat menolong nyawa bagi sesamanya” ujar Husni.
Husni mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan  kegiatan sosial kemanusiaan yang sangat mulia. setetes darah dapat menjadi sangat berarti bagi hidup seseorang. donor darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.
Ssmentara Bidan  Yuty  Hn selaku kordinator pelaksana kegiatan menjelaskan kagiatan donor darah di Desa Wanatirta  memang telah menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. 
Yuty menerangkan sebelum kegiatan ini digelar petugas PMI Brebes telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga tentang manfaat donor darah.
“Dalam mendonorkan darah kondisi tubuh badan harus dalam kondisi fit dengan berat badan minimal 45 kg dan usia sekitar 17 hingga 60 tahun dan sebelum seseorang melakukan donor, petugas akan mengecek terlebih dahulu apakah pendonor kondisinya fit, sehingga layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak,” terangnya.
Menurut Yuty setidaknya ada 5 (lima) manfaat  dari donor darah bagi pendonor, yaitu bisa menjaga kesehatan jantung,  meningkatkan produksi sel darah merah,  membantu penurunan berat sel tubuh,  mendapatkan kesehatan psikologis, dan mendeteksi penyakit secara dini.
Sementara hasil.giat donor darah yang digelar Pemdes Wanatirta  dari jumlah 80 warga  yang hadir mendaftar untuk  mendonorkan darahnya namun ada 4 warga yang gagal melakukan donor karena kurang fit – (dum)
Editor : imam

Baca Juga :  Babinsa dan Warga Gotong Royong Ratakan Timbunan