Scroll ke Atas
Berita Utama

Pelantikan Pengurus DPD JULEHA Brebes Berlangsung di Pendopo Kabupaten Brebes

36
×

Pelantikan Pengurus DPD JULEHA Brebes Berlangsung di Pendopo Kabupaten Brebes

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Juru Sembelih Halal (Juleha) Jawa Tengah Eri Gunarto melantik Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Juleha Kabupaten Brebes di Pendopo Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jum’at (09/09/2022).
Hadir dalam pelantikan, Bupati Brebes yang diwakili oleh Sekda Brebes Djoko Gunawan, Komandan Kodim 0713 Brebes diwakili Kepala Staf Mayor Infanteri Abdul Azis Lallo, Kapolres Brebes yang diwakili oleh Kompol Widoaspo, Kasatpol Air Polres Brebes, Kemenag Brebes, MUI Brebes, Kesbangpolda Brebes dan organisasi yang ada di Kabupaten Brebes.
Ketua DPW Juleha Jawa Tengah melantik disaksikan oleh peserta Bimtek Juleha Gelombang I yang jumlahnya 79 orang dan dihadapan Forkopimda Pengurus DPD Juleha dikukuhkan dan diresmikan untuk menjalankan Syiar Juleha di Brebes.
Ketua DPD di ampu Chasan Mudhofar dari DPKH Brebes, kesehariannya bekerja di RPH Jatibarang. Selama 22 tahun menjadi Juru Sembelih di Rumah Potong Hewan Jatibarang, Chasan atau yang disapa Opang ini akan memimpin Juleha di Kabupaten Brebes bersama Sekretaris Ujang TSM, dari Kodim 0713 Brebes beserta staf dan anggota lainnya hingga 2024.
Eri Gunarto menyampaikan ucapan terima kasih atas berdirinya DPD Juleha Kabupaten Brebes.
“Dengan dikukuhkannya pengurus DPD Juru Sembelih Halal di Kabupaten Brebes ini, Saya mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD, semoga amanah dalam menjalankan tugasnya dan selalu bersyiar, agar semakin banyak juru sembelih yang belum memiliki legalitas menjadi Juru Sembelih Halal di DPD Kabupaten Brebes dengan bekerjasama DPKH, Kemenag, MUI, Baznas dan lainnya,” katanya.
Sementara dalam Sambutan Bupati Brebes yang dibacakan oleh Sekda Brebes Djoko Gunawan mengungkapkan rasa bangga bahwa di Kabupaten Brebes suda berdiri DPD Juleha sebagai sarana syiar. Bupati juga mendukung keberadaan Juleha di Brebes.
“Saya mewakili Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti mengungkapkan rasa bangga dan mendukung Juru Sembelih Halal (Juleha) DPD Brebes dilantik hari ini, Selama ini, di tengah masyarakat khususnya Brebes, masih banyak orang yang menyembelih hewan Qurban maupun hewan lainnya tidak mengikuti prosedur dengan baik sesuai ketentuan dan syariat Islam. Sehingga kualitas daging yang dihasilkan menjadi kurang baik,” kata Djoko Gunawan mewakili bupati.
“Orang menganggap menyembelih hewan itu biasa-biasa saja, ternyata jika kita tidak mengikuti aturan wajib dalam penyembelihannya, maka akan berpengaruh kepada kesehatan manusia, juga berpengaruh terhadap kehalalan daging tersebut serta mengurangi keberkahannya,” ujar Sekda.
Untuk itu, Djoko Gunawan berharap agar Dewan Pengurus Daerah Juru Sembelih Halal (Juleha) Kabupaten Brebes dapat bersyiar diseluruh wilayah 17 kecamatan. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bagus dan perlu di dukung karena di dalam penyembelihan hewan, harus dilakukan dengan baik.
Dirinya berharap kedepan, masyarakat muslim di Brebes dapat dilatih oleh pengurus Juleha apabila akan menyembelih hewan dengan berpijak pada aturan-aturan yang dianjurkan dalam Agama Islam. 
Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh. Ismu Subroto, M.Si saat menutup Bimtek Juleha Gelombang I memprogramkan 1 Desa 1 Juleha.
Hal ini bertujuan tidak lain agar masyarakat dapat melakukan penyembelihan hewan sesuai aturan dan benar.
“Perlu penyempurnaan lebih lanjut terhadap tujuan penyembelihan, serta penyediaan daging yang betul-betul dilaksanakan dengan baik dan halal atau ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Saya berharap teknik Juleha dapat diterapkan di seluruh Desa di Kabupaten Brebes. 
Ketua Penyelenggara Bimtek Juleha Gelombang I, Ujang TSM saat dikonfirmasi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati Brebes, Wakil Bupati Brebes, Komandan Kodim 0713 Brebes, Kapolres Brebes,   DPKH Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Brebes, Kesbangpolda, MUI, Kemenag Brebes, Baznas Brebes dan seluruh Instansi yang telah medukung kegiatan Bimtek Juleha serta Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Juru Sembelih Halal Kabupaten Brebes.
“Saya mengungkapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Forkopimda dan Intansi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, keberhasilan ini adalah untuk Pemerintah Daerah dan seluruh peserta Bimtek Juleha yang nantinya bersyiar bersama menjadi Juru Sembelih Halal mendukung Pemerintah dalam Program Juru Sembelih Halal Mendukung Sertifikasi Produk Halal 2024,” ucap Ujang. (Utsm/Bambang S)

Baca Juga :  Laksanakan Musdes RKPDes, Kepala Desa Pegundan ” RKPDes merupakan penjabaran dari RPJM untuk 1 tahun kedepan”