Scroll ke Atas
Berita Utama

Dua Warga Desa Kerja Bakti Bersama Relawan BPBD Bersihkan Material Bencal Tanah Longsor

31
×

Dua Warga Desa Kerja Bakti Bersama Relawan BPBD Bersihkan Material Bencal Tanah Longsor

Sebarkan artikel ini
Kades Manggis Masruri SAg tengah Koordinator relawan BPBD Brebes Pos Bumiayu dan bawah warga sedang bersihkan material longsotan.

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dua warga desa (Manggis – Mlayang) Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes bersama relawan BPBD Brebes selama dua hari ini telah melaksanakan gotong royong membersihkan tanah longsoran yang menimbun badan jalan poros kedua desa tersebut dengan alat seadanya, Minggu (11/9/2022).
Keterangan yang dihimpun menyebutkan peristiwa Bencana Alam (Bencal) tanah longsor terjadi pada Jum’at sore (9/9/2022) lalu tebing setinggi 5 meter di Dukuh Slawi RT. 05/01 Desa Manggis mengalami longsor sekitar pukul 15.15 WIB yang dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sirampog sejak siang sekitar pukul 10.30 WIB hingga sore hari mengakibatkan badan jalan poros Manggis – Mlayang sepanjang 60 meter  tertimbun tanah longsoran setebal 1 – 3 meter.
Tampak kondisi transportasi warga/sarana umum yang merupakan jalur poros tersebut sudah mulai normal kembali.
Kepala Desa (Kades) Mlayang Abdul Khafid dengan kondisi jalan yang tertutup total bagi warganya maka sejak hari Sabtu kemarin pihaknya mengerahkan wargamya untuk mengadakan kerja bakti bersama warga Manggis dan relawan dari BPBD Brebes agar sarana tersebut bisa normal bagi aktifitas warganya.
Hal yang sama disampaikan Kades Manggis Masruri bagian yang longsor terjadi pada tebing setinggi lima meter dengan bagian atasnya merupakan lahan pertanian warga
Masruri menuturkan bencal tanah longsor yang menutup jalan telah dilaporkan ke Pemkab melalui Camat Sirampog untuk mendapat penanganan.
“Kami membutuh bantuan alat berat terutama untuk membersihkan material longsor yang tebal menutup badan jalan, agar aktifitas warga bisa kembali normal,” katanya.
Lanjut Masruri kedua warga desa bersama relawan BPBD masih merampungkan kerja bakti karena material longsoran tersebut tidak hanya berupa tanah melainkan bebatuan dan pohon besar yang tumbang dan kondisi saat ini masih diguyur hujan dan belum terlihat adanya penanganan dari pihak kecamatan yang turun ke lokasi. “Sedangkan pak Camatnya diduga pentingkan ikuti mengikuti kegiatan trabas,” tuturnya.
Sementara Koordinator BPBD Brebes Pos Bumiayu Budi Jatmiko mengatakan dalam penangan bencal longsor tersebut membutuhkan alat beras untuk membersihkan material longsoran tersebut agar aktifitas warga bisa segera normal dan lancar kembali – (imam)

Baca Juga :  Hujan Deras Guyur Wilayah Kecamatan Bantarkawung Terjadi Longsor dan Banjir Landa Delapan Desa