iklan

Iklan

iklan

terkini

Disperinaker Brebes Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Siap Pakai Berbasis Kompetensi

05/09/2022, 20:19 WIB Last Updated 2022-09-05T13:19:26Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dinperinaker Brebes gelar pelatihan yang diikuti ratusan calon tenaga kerja dari berbagai daerah untuk digembleng ketrampilan, agar menjadi tenaga kerja trampil yang siap pakai mereka dilatih ketrampilan untuk ditempatkan di berbagai perusahaan yang ada di Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes, Warsito Eko Putro, saat ditemui di ruang keejanya, Senin (5/9/2022).

“Kami menggelar pelatihan tersebut berbasis kompetensi untuk menyiapkan tenaga kerja siap pakai, dan tahun ini dua tahap. Tahap pertama sudah berlangsung dengan 4 angkatan yang digelar secara terpisah diberbagai Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). Keempat LPKS tersebut yakni LPKS Langgeng Mulyo (Brebes), LPKS Henita (Bulakamba), LPKS Tri Mitra Industri (Tanjung) dan LPKS Annur (Kersana) yang 
masing-masing angkatan diikuti 42 orang,” ujar Eko.

Lanjut Eko tujuannya, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang siap kerja dalam rangka pengentasan pengangguran di Kabupaten Brebes.

Pelatihan yang berlangsung sejak 22 Agustus hingga 3 September 2022 kemarin dengan dibiayai dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Sementara jenis pelatihan yang diberikan berupa menjahit garmen dan upper Shoes mereka yang telah lulus direkomendasika keberbagai perusahaan di antaranya di PT SMJ, OSAGA, BIG, dan DAEHAN.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes Tety Yuliana MPd mengaku bangga dengan minat generasi muda Brebes yang tekun menambah ketrampilan dalam menghadapi dunia kerja. apalagi, Kabupaten Brebes membutuhkan tenaga kerja trampilan sesuai dengan kompetensinya. 

“Seiring industrialisasi di Brebes, Pemkab hadir untuk menyiapkan tenaga trampil sesuai kebutuhan perusahaan,” ungkap Tety.

Tety, juga menerangkan sudah ada 15 perusahaan di KIB dan 30 perusahaan yang beroperasi di KPIB. Investor lain terus mengantri beroperasi sambil menyelesaikan perijinan. Menurutnya, Kabupaten Brebes masih membutuhkan puluhan ribu tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pengembangan KIB dan KPIB terangnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Disperinaker Brebes Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Siap Pakai Berbasis Kompetensi

Terkini Lainnya

Iklan