Scroll ke Atas
Berita Utama

Dalam Giat Prolanis Puskesmas Tonjong Gelar Senam dan Penyuluhan Kesehatan

35
×

Dalam Giat Prolanis Puskesmas Tonjong Gelar Senam dan Penyuluhan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – BREBES – Kegiatan Senam bersama dan penyuluhan kesehatan Puskesmas Tonjong Kabupaten Brebes melaksanakan program kesehatan Prolanis yang digelar tiap bulan digedung Puskesmas Tonjong namun atas aspirasi peserta prolanis yang menginginkan suasana baru sehingga kali ini digelar di Area Bucins cafe Desa Galuhtimur yang merupakan salah satu desa wilayah binaannya.
Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Tonjong Sri Mulyani, S.ST, MM disela kegiatan, Rabu (14/9/2022) pagi.
Yani menjelaskan giat senam dan penyuluhan Prolanis ini  merupakan Program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) yaitu sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif yang melibatkan masyarakat penderita penyakit kronis dalam rangka memelihara kesehatan sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal.
“Sasaran Prolanis adalah seluruh pesera BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus type 2 dan hipertensi),” jelasnya.
Kegiatan selain senam bersama juga kegiatan rutin bulanan dari BPJS Kesehatan dengan pemeriksaan darah dan urin.
“Tujuan program ini adalah untuk mendorong peserta BPJS Kesehatan yang mengidap penyakit kronis agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan untuk semangat hidup,” ujarnya.
Yani  juga menuturkan terkait kualitas hidup peserta prolanis bisa dilihat dari hasil pemeriksaan di fasilitas kesehatan pertama/Puskesmas Tonjong yang bermitra dengan Laboratium klinik Pramita.
Yani berharap dengan adanya Prolanis, setidaknya 75% pengidap penyakit kronis terutama diabetes type 2 dan hipertensi yang sudah diperiksa, memiliki kondisi kesehatan yang baik.
“Dengan kondisi kesehatan yang terjaga, maka risiko terjadinya komplikasi pun bisa menurun,” ujarnya.
Sementara Naelul salah satu nakes/pemegang program menjelaskan kegiatan Prolanis di Puskesmas Tonjong dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu dengan kegiatan senam dan penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan peserta untuk mendorong penderita penyakit kronis agar dapat  mencegah timbulnya komplikasi penyakit lain. 
Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan tiap bulan guna meningkatkan kegiatan promosi dan pencegahan tentang penyakit kepada masyarakat. 
Lanjut Naelul untuk lebih semangat dan antusias mereka membentuk semacam perkumpulan peserta prolanis selain bertujuan mempererat  silahturami juga untuk semangat menjaga kesehatannya dan merekrut peserta baru untuk bergabung mengikuti program prolanis tersebut – (imam)

Baca Juga :  Berantas PMK, Babinsa Saradan Lakukan Pendampingan Vaksinasi Ternak