iklan

Iklan

iklan

terkini

Tradisi Ratiban di Desa Pandansari Brebes Diharapkan Menjadi Even Tingkat Nasional.

03/08/2022, 02:35 WIB Last Updated 2022-08-02T19:35:09Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Warga masyarakat Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes menggelar tradisi Ratiban sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rejeki yang diberikan Tuhan. Kirab budaya yang lebih dikenal dengan nama Ratiban tersebut diharapkan menjadi Even Kebudayaan di tingkat Nasional.

Kepala Desa (Kades) Pandansari Irwan Santoso menjelaskan Ratiban merupakan acara yang telah turun-temurun dilakukan setiap tahunya oleh warga Masyarakat Pandansari.

" Kegiatan Ratiban biasanya dilakukan pada hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon yang jatuh di bulan Muharam atau Suro pada kalender jawa, dan tahun ini jatuh pada hari Selasa, 2 Agustus 2022, " terangnya.

Dalam tradisi Ratiban berbagai kegiatan dilakukan sebagai rasa syukur atas anugrah dari tuhan yang telah diberikan kepada masyarakat pandansari. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan pembuatan aneka tumpeng dari hasil pertanian masyarakat, serta menampilkan berbagai kesenian tradisional yang ada di Desa Pandansari.

" Ratiban sebagai bentuk rasa sukur atas limpahan bumi yang diberikan Alloh SWT, ini adalah bentuk ekspresi kegembiraan dan rasa syukur dari masyarakat Pandansari, " tegas Irwan.

Irwan menambahkan kebudayaan Ratiban juga merupakan esensi dari kegotong-royongan, keguyuban dan kesauyunan warga masyarakat, maka dari itu kedepan kegiatan tersebut akan tetap dilestarikan.

Kirab tumpeng sebagai opening kegiatan diarak dari mulai Balai Desa Pandansari menuju obyek wisata Telaga Ranjeng yang merupakan wisata Ikon Desa Pandansari. Di Telaga Ranjeng Kades dan Tokoh Adat menaburkan makanan ke telaga untuk makanan ikan yang ada di telaga.

Tumpeng, tarian dan pakaian adat serta kegiatan Ratiban merupakan sewadaya dari masyarakat. Irwan juga berharap dengan adanya tradisi kirab kebudayaan Ratiban yang dilakukan rutin setiap tahunya, diharapkan bisa menjadi even skala nasional dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata.

"Harapan saya tradisi Ratiban menjadi even ditingkat nasional dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Pandansari di sektor wisata," tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes Roufiq Qoudul Adzam mengapresiasi atas suksesnya kegiatan tersebut, kegiatan Ratiban diharapkan mampu mempererat kerukunan dan keguyuban Masyarakat Pandansari.

"Selamat dan sukses atas terlaksananya kegiatan Ratiban, semoga dengan ini dapat mempererat kerukunan dan keguyuban warga Pandansari", ungkap Roufiq.

Kegiatan Ratiban dihadiri perwakilan Dinporapar Jawa Tengah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes, Pimpinan PTPN Kaligua, Dosen ISBI Bandung, Fokopimca Paguyangan dan ditutup dengan do'a serta menyantap tumpeng bersama seluruh warga masyarakat Pandansari serta masyarakat wilayah Brebes selatan yang antusias hadir dengan diiringi hiburan kentongan serta nyanyian dan tarian lengger. (yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tradisi Ratiban di Desa Pandansari Brebes Diharapkan Menjadi Even Tingkat Nasional.

Terkini Lainnya

Iklan