iklan

Iklan

iklan

terkini

Penerjunan Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Berbasis Masjid

01/08/2022, 18:55 WIB Last Updated 2022-08-01T11:55:33Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi momentum bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. KKN adalah saat yang tepat bagi seorang mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang didapat di kampus ke dalam kehidupan nyata di masyarakat.

Untuk itu dalam pelaksanaannya mahasiswa harus benar-benar serius, jangan seremonial apalagi hanya untuk memenuhi tugas kuliah saja.
Demikian harapan Bupati Yang Diwakili Oleh Baperlingda Brebes Agung Tirto Kumoro sebagaimana disampaikan Bupati Brebes saat melepas penerjunan KKN Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes di Aula Islamic Center Bupati, Senin (1/8).

Mahasiswa, lanjutnya, bisa mengambil ilmu yang tidak didapat di bangku kuliah. Tetapi di alam nyata kehidupan masyarakat. Untuk itu, Agung Tirto Kumoro berpesan agar para mahasiswa KKN bisa beradaptasi, berkomunikasi dengan baik dan ber baur dengan masyarakat.

“Di tengah masyarakat, bisa saling bertukar ilmu, ungkapkan ide dan gagasan yang bisa sama sama dijalankan,” ajak Agung Tirto Kumoro. 

Ia juga berpesan agar Mahasiswa KKN dapat memberikan contoh sekaligus mengajak masyarakat utuk dapat melaksanakan gaya hidup sehat dari hal terkecil seperti mengajak masyarakat untuk meramaikan kegiatan memakmurkan kegiatan-kegiatan di masjid baik pendidikan agama dan bisa membina generasi remaja masjid serta mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

Sementara Ketua STAI Brebes M. Rohidin, M.Hum dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Brebes yang selama ini telah menjalin kerjasama terkait KKN Mahasiswa dengan baik.

Rohidin menjelaskan, tahun ini adalah KKN yang ke-18 dengan berbasis tematik. Perubahan dari basis Revalitasi Masjid Sebagai lCommmunty Center yang lebih baik bagi STAI Brebes dan masyarakat Brebes.

Dr. M. Rohidin, M.Hum juga berharap dibawah kepemimpinannya, STAI dapat menjadi Institut berbasis penelitian yang handal, yang memiliki keunggulan. Sehingga dapat menjadi Institusi pendidikan yang besar, dipercaya dan diminati masyarakat.

Dalam laporanya Ali Fauzan, MH menyampaikan, jumlah mahasiswanya yang diterjunkan KKN 2022 sebanyak 139 orang. Mereka akan ditempatkan di 2 kecamatan yang tersebar di 12 desa, dari 1 Agustus Maret hingga 31 Agustus 2022.

Terinci, Kecamatan Tonjong meliputi Desa Kalijurang, Galuhtimur, Linggapura, Pepedan, Tanggeran . Sedangkan untuk Kecamatan Songgom Wanacala, Songgom Lor, Geger Kunci, Jatimakmur, Cenang, Wanatawang, Karangsambung.

Menurut perwakilan dari mahasiswa yang mengikuti KKN M. Abdul Feri mengatakan dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) diharapkan agar seluruh mahasiswa dapat memberikan sumbangsih sebagai bentuk pengabdian diri kepada masyarakat. 

Mengingat bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada kami sebagai mahasiswa untuk ikut serta dalam proses pembangunan dilingkungan masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "Revitalisasi Peran Sosial Masjid" diharapkan mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan masjid di lingkungan masyarakat setempat.

Tampak hadir dalam penerjunan KKN STAIB antara lain Bupati Brebes HJ. Idza Priyanti yang diwakili Baperlingbada Agung Tirto Kumoro, Ketua STAI Brebes M Rohidin MHum, Sekertaris Yayasan Bintang Sembilan H.Robihun Ketua LPPM STAI Brebes Ali Fauzan M.H Selaku Ketua Panitia pembimbing serta tamu undangan lainya.(IBNU/BS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penerjunan Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Berbasis Masjid

Terkini Lainnya

Iklan